Gerak Sulbar Menduga Ada Praktek Curang Dibalik Tender Proyek Pengadaan Bawang Merah

Mamuju.daulatrajyat.id-Pokja Pemprov Sulbar telah mengumumkan pemenamg tender proyek pengadaan bawang merah di Dinas Pertanian Sulbar pada 29 September 2018. Pemenangnya adalah CV Telaga Tuju.

Ketua DPD Gerakan Rakyat Anti Korupsi Indonesia ( Sulbar) Arman menyoroti terkait proses tender pengadaan bawang merah di kantor Dinas Pertanian Sulbar.

Menurut Arman, dari 11 perusahan ikut mendaftar semuanya memenuhi syarat kualifikasi.

“Anggarannya 1,2 M lebih yang bersumber dari APBN 2018,” ujarnya.

Arman menilai penawar terendah adalah CV ADANI dengan nilai penwaran paling terendeh yakni Rp1.050.000.000. Tapi bukan sebagai pemenang.

Disusul pemenang kedua ADH CENDEKIA, sedangkan urutan ke tiga CV AGUNG MULIA. Dan urutan ke empat CV PILAR MITRA TAMA.

Gerak Sulbar menduga proses tender yang telah di umumkan oleh pokja pemprov sulbar penuh dengan KKN.

Namun Ia membenarkan jika proses tender sebuah paket itu merupakan hak sepenuhnya panitia asalkan sesuai dengan prosedur bukan karna dugaan ada fee sehingga panitia tutup mata dan memenangkan perusahan yang penwarannya tidak masuk akal

” Tidak logis pokja pemprov sulbar memenangkan CV TELAGA TUJU dengan nilai penwaran yang selisih dua juta rupiah (dibuang 2 juta)  dari harga patokan HPS,” kata dia.

Padahal, kata dia sepuluh perusahan yang ikut menawar lebih jauh di bawa HPS. Bicara efisiensi tentu penawar ke sepuluh perusahan tersebut dapat menghemat keuangan negara.

Sebab itu, Gerak Indonesia Sulbar meminta kepada kapolda agar segera tangkap pokja pemprov sulbar karna kuat dugaan perusahan yang di menangkan oleh pokja di arahkan.

Ia menegaskan soal transparansi telah diatur dalam Peraturan Presiden No 54 tahun 2010 tentang transparansi , akuntabilitas dan efisiensi anggaran.

“Kami juga meminta Kapolda Sulbar dan jajarannya segera menyita server pokja agar dapat mengetahui permainan pokja selama ini yang terjadi di pemprov,” pungkasnya.

(Berita ini masih berlanjut. Dan akan dilakukan verifikasi secepatnya)

Ketua DPD Gerak Sulbar

Penulis :Salim Majid

Tinggalkan Balasan

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.