Ekspor Sulsel Triwulan l Tahun 2018 Menurun 5,63% Dibandingkan Tahun Lalu

Makassar.daulatrakyat.id.Volume ekspor komoditi perikanan Sulawesi Selatan pada Triwulan I Tahun 2018 menurun 5,62% bila dibandingkan dengan periode yang sama di Tahun 2017. Terjadinya penurunan ini disebabkan oleh ekspor udang vannamei

Pada triwulan I tahun 2017 tercatat volume ekspor komoditi perikanan sebesar 6.695 ton turun menjadi 6.318 ton pada triwulan I tahun 2018.

Kepala Balai Besar Karantina Ikan Makassar Sitti Chadidjah mengatakan Penurunan volume ekspor komoditi perikanan ini sangat dipengaruhi oleh penurunan volume ekspor udang vannamei

“Volume ekspor udang Vannamei yang merupakan komoditi utama ekspor komoditi perikanan yang penurunannya mencapai 19,51%” kata sitti

Lebih lanjut, Sitti menambahkan jika dilihat dari trend ekspor udang vannamei dari bulan Januari 2017 hingga Maret 2018, maka dapat dikatakan bahwa penurunan volume ekspor ini masih dalam kategori wajar dan tidak menggeser udang vannamei dari urutan pertama komoditi ekspor Sulawesi Selatan.

“Pada triwulan l tahun 2018 Lima komoditi utama yang mendominasi ekspor perikanan di Sulawesi Selatan berturut-turut ditempati oleh Udang vannamei, Gurita, Rumput laut, Kerapu dan Tuna” tambahnya.

Gurita mengalami peningkatan yang cukup signifikan sebesar 93,71% dibandingkan periode yang sama pada tahun 2017.

Hal ini menempatkan gurita pada posisi kedua volume ekspor komoditi perikanan Sulawesi Selatan periode I Tahun 2018. Peningkatan volume ekspor gurita ini disebabkan tingginya permintaan pasar dunia terhadap gurita.

Berturut-turut volume ekspor rumput laut meningkat sebesar 21,16%, Kerapa menurun 34,16%, Tuna meningkat 19,61% bila dibandingkan triwulan I tahun 2017.

Total secara keseluruhan penurunan volume ekspor sebesar 5,62% tidak berpengaruh dan masih berada dalam kategori wajar.

 

Reporter : Indrawan                                             Editor : Nina Annisa

Tinggalkan Balasan

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.