Dukcapil Lutra : Akte Kelahiran Harus Sesuai Dengan Ijazah

Daulatrakuat.id,Lutra-Akte kelahiran merupakan hal yang penting di miliki oleh seorang anak yang baru lahir. Karena merupakan identitas diri bagi setiap warga Negara.

Karena itu akte tersebut tidak serta merta bisa merubahnya.Diakte kelahiran tercatat mulai dari tanggal lahir,bulan,tahun dan nama seseorang.

Kadis Dukcapil Kabupaten Luwu Utara,Sulsel Mas’ud Masse mengatakan masalah akte kelahiran terutama Nik tidak akan bisa berubah,meski melalui keputusan pengadilan,karena itu sudah permanen.

“Karenanya di pengadilan tidak mau merubah Nik,tapi kalau nama dia mau.Begitu juga tgl lahir,bulan dan tahun di pengadilan tidak mau rubah dengan alasan bahwa bukan kewenangannya.”jelas Masse saat di temui daulatrakyat.id di ruang kerjanya senin lalu,12 Agustus 2017.

Ia selalu mengingatkan kepada masyarakat ,bahwa dalam mengurus berkas kelengkapan dokumen seharusnya di periksa baik-baik dan di koreksi secarah cermat agar tidak ada yang salah.

.”Yang pasti ada terpasang disitu tertulis periksa sebelum tinggalkan tempat,di lakukan pembenahan kembali biar sampai dua kali kami benahi karena itu tanggungjawab kami.”terangnya.

Menurut Masse,sudah di informasikan melalui surat kepada Kepala Desa dan Camat untuk menghimbau warga agar tidak melakukan perubahan data mulai dari tgl.lahir,bulan dan tahun.

Bahkan Ia menjelaskan bahwa jika menemukan ada perubahan ijasah yang tidak sesuai akte maka Ia akan menyuruhnya untuk merubah ijasahnya.

Hal tersebut sudah di wanti-wanti Bupati Lutra agar warga tidak serta merta bisa merubah Ijazah yang tidak sesuai dengan akte.

“Karena dokumen yang pertama kita miliki ketika lahir adalah akte kelahiran,dan di situ di benarkan dan tidak di catat sembarang karena ada surat keterangan dari rumah sakit, pengantar dari Kepala Desa, kenapa ijasah berbedah dengan akte kelahiran karena tidak mempedomani pada saat masuk sekolah tidak dimintai persyaratan foto copi akte kelahiran.”pungkasnya.

Penulis : Jal
Editor    :  Salim Majid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.