Kadisperindag Makassar Pastikan Stok Pangan Jelang Ramadhan Aman

MAKASSAR.DAULATRAKYAT.ID.Dinas Perindustrian dan Perdagangan Makassar menjamin stok pangan dan.komoditas jelang Ramadhan aman dan terkendali.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Makassar Nielma Palamba mengatakan telah menggelar rapat koordinasi yang dihadiri Kadivre Bulog,PT Pelindo IV dan Pemprov Sulsel yang menyatakan bahwa stok pangan aman hingga 11 bulan kedepan.

“Untuk itu pemerintah kota Makassar melakukan berbagai persiapan sesuai tugas kita tugas kita bagaimana memastikan stok pangan tersedia dan distribusi tidak mengalami kendala terkait dengan stok pangan,”ujarnya.

Dikatakan Nielma adapun pelaku pelaku usaha yang berjualan bumbu-bumbu dapur ataupun sayuran memiliki ketersediaan yang cukup dalam menyambut Ramadhan maupun Idul fitri sesuai dengan standarisasi harga yang merata disemua pasar

“Saya kira baik stok maupun harga-harga pangan dan komoditas lainnya sudah aman dan sesuai standar harga yang dipatok dipasaran.Jika ada stok yang kosong dan tidak ada maka kita akan segera mengambil dari daerah lain untuk menjamin Makassar aman ketersediaan pangan dan komoditas lainnya misalnya cabe jika kurang maka kita akan segera berkoordinasi dengan Sinjai selanjutnya melalui mobil inflasi kita jemput cabe tersebut,”jelas Nielma.

Khusus untuk Makassar ia mengaku sudah menyiapkan mobil inflasi yang berjumlah 10 untuk memastikan ketersediaan kebutuhan pokok tersebut.

“Alhamdulillah kita sudah berkoordinasi dengan Bulog untuk menggunakan kendaraan inflasi dalam rangka melaksanakan pasar murah keliling,”ujarnya.

Mobil inflasi tersebut keliling kelurahan dan kecamatan membawa komoditas antara lain beras minyak goreng terigu gula dan ragi itu ada 6 item 5 item yang dibawa oleh mobil inflasi tentunya dengan harga terjangkau tidak seperti harga-harga yang ada di toko-toko lain.

“Untuk harga-harga kita sudah menyiapakannya di aplikasi “Sembakota”yang bisa di dowload disitu ada 10 pasar yang sudah kita data.Masyarakat bisa memilih harga-harga komoditas yang berlaku setiap hari,”jelasnya.

Ia juga mengimbau masyarakat Makassar agar dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari hendaknya mendahulukan kebutuhan dan jangan membeli berdasarkan keinginan.

” Saya juga mengimbau para pedagang tidak menimbun barang agar tidak terjadi kelangkaan.Jika ada hal tersebut dan ada laporan dari masyarakat kami pastikan akan segera menindakinya,”pungkasnya.


Report By Nina Annisa



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.