Disparekraf Makassar Genjot 6 Destinasi Wisata Baru Tahun Ini

MAKASSAR.DAULATRAKYAT.ID.Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Makassar menyebutkan ada 6 destinasi wisata baru yang akan digenjot tahun ini,selain memaksimalkan sejumlah event yang akan digelar tahun ini.

Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Makassar Kamelia Tamrin Tantu mengatakan ada 20 event yang akan digelar tahun ini dan akan tetap menjadi agenda jualan pemerintah kota Makassar.

“Makassar Internasional Eight (F8) Festival merupakan agenda nasional yang bakal digelar pada bulan September mendatang,F8 merupakan event andalan kami karena kegiatan ini walaupun baru masuk tahun ke-4 namun sudah menjadi Event kementerian pariwisata jadi Insya Allah kegiatan ini akan dilaunching pada bulan April di Kementerian Pariwisata,”ungkapnya

Saat ini kata dia pihaknya sedang menunggu konfirmasi kapan para pejabat Kementrian Pariwisata datang untuk hadir pada acara launching F8 tersebut.

“Sedangkan kegiatan kami yang sudah terlaksana dari bulan Januari sampai hari ini baru tiga kegiatan yaitu pertama musik taman yang kedua yaitu pasar seni dan ketiga kemarin itu adalah festival bahari yang dilaksanakan di pantai Akarena yang dilaksanakan oleh bidang promosi karena memang kegiatan ini untuk memperkenalkan destinasi destinasi yang ada di kota Makassar,”sebutnya

Dijelaskan Musik Taman untuk memperkenalkan taman taman yang ada di Makassar yang kedua pasar seni di helat di Kanre Rong untuk memperkenalkan Kanre Rong sebagai area wisata kuliner baru di Makassar.

Tiga tempat tersebut merupakan area jualan baru Pemerintah Kota Makassar diperkenalkan sebagai area baru tempat mangkalnya warga Makassar

Adapun Festival bahari tujuannya untuk memperkenalkan bahwa Makassar itu memiliki banyak pantai jadi ada Pantai Losari dan ada juga Akkarena meskipun dikelola oleh pihak swasta namun tetap menjadi salah satu bagian destinasi wisata pantai yang ada di Makassar.

Ia menyebutkan dalam waktu dekat yakni tanggal 1 hingga 2 April ada event Pekan Produk yang menampilkan berbagai macam kreatifitas warga Makassar diantaranya meracik Kopi yakni Secangkir Kopi bisa menghadirkan ide-ide baru.Digelar di Hotel Claro untuk mengajak milenial berkolaborasi berkreasi meracik Kopi mulai dari musik hingga tulisan.

Selanjutnya ada event Femme & CBFW digelar selama lima hari di Hotel Four Points yang bakal melibatkan beberapa perempuan kreatif lokal maupun nasional.Ada juga lomba yang didalamnya ada lomba desain grafis untuk diaplikasikan ke baju dan juga mengajak Designer Designer yang melibatkan sekolah itu akan dikemas dan kecamatan dengan dekranasda kota Makassar.

” Tanggal 20 April sampai dengan 27 April itu ada Makassar Culinary Night adalah khusus event jualan menu-menu andalan tradisional dan moderen Makassar yang sudah 4 tahun dan tahun ini dilaksanakan sebanyak 3 kali.Kita mengajak UMKM kuliner Makassar maupun tradisional Cina untuk lebih kreatif dan bisa ikut serta dalam event tersebut,”terangnya.

Adapun jumlah kunjungan domestik realisasi sepanjang 2018 sebanyak 5,4 juta orang dari target 6,5 juta orang memang keliatan turun namun yang sebenarnya mengalami peningkatan sebesar 83,81 persen.Untuk Wisatawan mancanegara dari target 93 ribu orang namun meningkat menjadi 105 ribu orang atau naik menjadi 113,26 persen.

“Untuk 2019 ini target kita wisman sebanyak 111 ribu orang dan domestik sebanyak 7 juta orang yang akan berkunjung ke Makassar.

Untuk diketahui 6 Destinasi wisata yang sedang digenjot dan akan segera dilaunching antara lain Lakkang,Kampung Budaya Paropo,Kampung Ramma Litle Toraja,Bontorannu di Mariso ,Pulau Samalona dan Gazebo di Pulau Lae-Lae.

Untuk destinasi wisata Lantebong yang merupakan hasil kreatifitas masyarakat disana berupa destinasi Mangrove yang dikelola oleh masyarakat, Dinas Kelautan Makassar dan Swasta.

“Rencananya kita membuat kelompok sadar wisata untuk Lantebong maupun ke enam destinasi diatas tersebut,”jelasnya.


Report by Nina Annisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.