MAKASSAR.DAULATRAKYAT.ID.
Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Makassar untuk kedua kalinya kembali menggelar event kuliner yang bertajuk Ca’ma-Ca’ma di Fort Rotterdam Makassar di mulai pada tanggal 1 sampai dengan 3 Maret 2024 kemarin.
Event tersebut sebagai salah satu upaya Disparekraf Makassar dalam mendorong eksistensi ekonomi kreatif masyarakat Makassar dan dalam mendukung program pemkot Makassar Sebagai Kota Makan Enak
“Alhamdulillah hari ini merupakan hari ketiga penyelenggaran Ekspo UMKM Ca’ma-Ca’ma melibatkan 55 tenant kuliner,tujuan kita untuk memberi ruang pada sejumlah pelaku usaha sekaligus memberikan panggung bagi para seni kreatif untuk menunjukkan bakat mereka dibidang seni,”ujar Yulianti selaku Kepala Bidang Promosi dan Pemasaran.
Sebelumnya ada Makassar Culinary Night yang sudah digelar selama 10 tahun dimana 5 tahun di support penuh oleh Disparekraf Makassar hingga akhirnya 5 tahun berikutnya MCN bisa berdiri berdiri.
Berkaca dari gelaran UMKM pihaknya lalu berinisiatif sendiri untuk kembali menggelar Ca’ma-Ca’ma kegiatan serupa di awal tahun.
“Kita lihat animo masyarakat terhadap event kuliner sangat besar terbukti 3 hari penyelenggaraan ada 5000 an pengunjung tentunya didominasi anak muda Makassar pehobby jajanan dan minuman kekinian,”ujarnya.
Berbeda dengan MCN,boot kuliner Ca’ma-Ca’ma tidak berbayar.
“Karena bootnya gratis,harga-harga mereka pun terbilang lebih murah daei biasanya,dari yang biasanya Rp15 ribu jadi Rp10 ribu dan paling mahal Rp30 ribu di event Ca’ma-Ca’ma,”jelas Yanti sapaannya.
Disebutkan Yanti pengunjung dari hari pertama expo sekira dua ribu pengunjung, ada yang jualan hanya menghitung jam saja, bisa dibilang hanya empat sampai 5 jam
“Saya kira Itu sangat menguntungkan bagi pelaku UMKM atau peserta Expo kuliner ini.Jumlah ada 55 masing-masing 40 booth yang kami support, selebihnya yakni 15 booth terpisah,”terangnya.
Event dirangkaikan dengan penampilan beberapa pelaku seni kreatif seperti lomba dance. Ada juga live cooking,senam zumba, Pound Fit, Sepeda Santai,Penampilan Band musik, palyground dan Talkshow.
Pemerintah kota Makassar dalam hal ini Disparekraf Makassar akan terus mendukung para pelaku UMKM dan ekonomi kreatif dalam mengembangkan usaha dan mendongrak pendapatan mereka melalui beragam event yang digelar disepanjang tahun.
Ca’ma-Cama bakal menjadi agenda tahunan Disparekraf Makassar.(ninsa)