Di Hari Pers Nasional,Kapolres Luwu Berharap Pers di Luwu Tetap Eksis Berkarya

Daulatrakyat.id,Luwu- Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional tahun ini.
Polres Luwu berharap agar pers di Tanah Luwu tetap eksist dalam berkarya dan mengedukasi masyarakat. Khususnya dalam membantu aparat penegak hukum dalam mensosialisasikan Undang-Undang Pers.

Hal itu diungkapkan Kapolres Luwu, AKP Dwi Santoso dalam ngopi bareng bersama awak media yang didampingi Kabag Humas Pemkab Luwu Amsir Ismu,di salah satu warkop di Belopa,Jumat,9 Februari 2018.

Menurutnya, Polri, khususnya Polres Luwu sangat mengapresiasi kerja-kerja jurnalis di Luwu selama ini.

“Kehadiran pers merupakan wujud keterbukaan publik. Pers sudah menjadi salah satu bagian penting dari proses demokrasi dan perkembangan teknologi. Yang penting semua tetap berjalan sesuai koridor masing-masing dan saling bekerjasama untuk tujuan yang satu yakni mewujudkan kesejukan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat,” kata Dwi

Kapolres Luwu ini menyebutkan,perkembangan teknologi saat ini,, peran media cukup penting. Kecepatan informasi, juga sangat membantu pemerintah dan aparat penegak hukum dalam mengedukasi masyarakat.
“Selain ikut membantu mensosialisasikan informasi ke publik, juga sebagai perpanjangan tangan kita,” ujarnya.

Dwi berharap dalam memperingati HPN tahun ini, Polri dan Pers bisa lebih meningkatkan persaudaraan.

“Harapannya kita seiring sejalan antara rekan jurnalis, aparat dan masyarakat,” kata dia

Ngopi Bareng Bersama Kapolres Luwu 9 Feb 2018 (dok: DR)

Terkait adanya kasus pidana yang kerap menimpa jurnalis? Dwi menyebutkan bahwa semua harus melihatnya secara bijak dan profesional. Polri pun selalu mengedepankan pendekatan hukum dalam melihat setiap permasalahan.

“Kita juga tidak serta merta. Kita lihat konteksnya. Misalnya, penyebaran kebencian dan provokatif di media sosial maka masuk UU ITE. Soal berita harus sesuai amanah UU Nomor 40 Tahun 1999,” kata Kapolres Luwu.

Soal delik pers tentu di butuhkan hak jawab jika ada pihak yang merasa di rugikan.

Dengan demikian, dibutuhkan sosialisasi terkait UU Pers.

“Saya sampaikan ke Humas agar terus dilakukan sosialisasi terkait UU Pers,” pungkasnya.

Selamat Hari Pers Nasional Demikian dengan Pilkada. Mari kita sama wujudkan iklim yang sejuk. Makanya saya juga perintahkan humas untuk kencang sosilisasi regulasi melalui media sosial. Ini penting untuk saling mengingatkan. Selamat hari pers Nasional. HPN tahun ini dengan tema ‘Meminang Keindahan di Pandang.(lin/dr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.