Delegasi PWI Ikuti Sidang Umum Konfederasi Wartawan Asean di Bangkok

Laporan: Naskah M Nabhan dari
Bangkok – Thailand

Daulatrakyat.id,Bangkok- Sidang Umum ke-19 Konfederasi Wartawan ASEAN berlangsung di Bangkok, Thailand 25-28 Januari. Sidang yang dilaksanakan setiap dua tahun ini untuk mempererat hubungan dan kerjasama wartawan ASEAN.

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) mengirim tujuh orang delegasi, termasuk saya sebagai Ketua PWI Sulbar. Dua orang dari PWI Pusat yakni Wakil Ketua Bidang Hubungan Internasional  Teguh Santoso dan wartawan senior Bob Iskandar.

Delegasi Indonesia lainnya yakni Ketua PWI Jambi Saman Muraki, Ketua PWI Kalimantan Barat Gusti Yusri, Ketua PWI Bangka Belitung  Boy Fhaturrahman dan Sekretaris PWI Bangka Belitung Nico.

Delegasi dari negara ASEAN lainnya yakni Malaysia, Singapura, Filipina dan Vietnam masing-masing 3 orang. Selanjutnya Laos 11 orang dan tuan rumah Thailand 15 orang.

Ketua PWI Sulbar Ikuti Sidang Umum Konfederasi Wartawan Asean di Bangkok 26 Januari 2018 (dok :PWI Sulbar)

Sidang Umum kali ini juga diikuti delegasi dari Kamboja,  Myanmar dan China sebagai perserta peninjau. Salah satu keputusan Sidang Umum yang dilaksanakan di Hotel Emerald Bangkok, kemarin adalah penerimaan Kamboja sebagai anggota penuh dan akan dikukuhkan hari ini.

Keputusan penting pertemuan Dewan Direktur (Board of Directors) adalah penunjukan Thailand sebagai President Confederation of ASEAN Journalists (CAJ) dan Indonesia sebagai Vice President.

Semua anggota CAJ juga mempunyai hak dan kewajiban yang sama tanpa membedakan antara pendiri CAJ dan anggota baru lainnya.

Kemarin, delegasi Konfederasi Wartawan ASEAN juga diterima Wakil Perdana Menteri Thailand Dr. Wissanu Krea-ngam di Kantor Perdana Menteri Thailand. Dalam konferensi pers, Wissanu menyampaikan pentingnya Konfederasi Wartawan ASEAN menjalin hubungan dan kerjasama secara berkesinambungan.

Confederation of ASEAN Journalists  didirikan di Jakarta tanggal 11 Maret 1975 oleh para utusan dari organisasi wartawan nasional negara-negara anggota ASEAN (Association of South East Asian Nations).

Sidang Umum Konfederasi Wartawan Asean

Organisasi wartawan dimaksud adalah Persatuan Wartawan Indonesia (PWI/Indonesian Journalists’Association), National Union of Journalists’ Malaysia (NUJM), National Press Club of the Philippines (NPC), Singapore National Union of Journalists (SNUJ), Confederation of Thai Journalists (CTJ).

Dalam perjalanannya,  pada bulan Maret 1996, Vietnam Journalists Association (VJA) dan Laos Journalists Association (LJA) bergabung menjadi anggota CAJ.

Pendirian CAJ bertujuan untuk memajukan kehidupan jurnalisme dan meningkatkan kehidupan pers yang bebas dan bertanggung jawab dan mempererat hubungan para wartawan ASEAN dengan organisasi wartawan di seluruh dunia.

Sidang Umum Konfederasi Wartawan Asean

Termasuk meningkatkan saling pengertian dan kerjasama antarwarga ASEAN demi terwujudnya kesejahteraan, keadilan sosial dan perdamaian. Serta memperjuangkan aspirasi dan kepentingan warga ASEAN sehingga terjalin saling pengertian dan penghargaan yang lebih baik oleh masyarakat dunia.

Gagasan pendirian CAJ ini muncul pada awal 1970-an dari para tokoh wartawan senior. Sejauh ini CAJ telah menjalin kerjasama dengan Nihon Shinbun Kyokai, Japan Press Centre, the Asia Pacific Foundation of Canada, All-China Journalists Association, the Friedrich Naumman Foundation, the Friedrich Ebert Stiftung, Hong Kong Journalists’ Associaton, Australian Journalists’ Association.

Selanjutnya, Asian Media Information dan Mass Communication Centre (AMIC) di Singapura, Asian Institute of Development Commnuication (Kuala Lumpur), International Institute of Journalism (Berlin), the International Federation of Journalists (Brussels), dan the United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO).

Dalam struktur organisasi CAJ terdapat Board of Directors yang terdiri atas Presiden, Wakil Presiden, Sekretaris Jenderal, Sekretaris Tetap, Direktur, Auditor, dan Penasihat. Sekretariat Tetap CAJ berada di Jakarta sejak organisasi ini didirikan. (***)

Tinggalkan Balasan

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.