Cegah dan Deteksi Dini Penyakit Kanker,Hari Ini Pemerhati Kesehatan dan Pemprov Sulsel Gelar Seminar HKS di CPI

MAKASSAR.DAULATRAKYAT.ID.Dalam rangka Memperingati Hari Kanker Sedunia alias World Cancer Day setiap tanggal 4 Februari hari ini bakal digelar seminar di Wisma Negara Center Point Of Indonesia.

Prof Dr.dr.Syahrul Rauf selaku ketua panitia penyelenggara mengatakan tujuan diselenggarakannya seminar tersebut untuk mengingatkan dunia tentang penyakit kanker dan dampak serta pentingnya upaya pengendalian kanker.

“Tujuan kita menyadarkan masyarakat bahwa kanker dapat dikendalikan bersama dan mulai dari diri sendiri,”ujarnya.

Dijelaskan bahwa tahun ini panitia mengambil tema “Pencemaran limbah Mikroplastik dan Bahaya Kanker di Indonesia” bisa menegaskan kepada setiap orang, dapat berperan dalam mengurangi beban dan permasalahan kanker.

“Untuk hari ini (9/2/2109) ada Seminar Nasional, Pola Simposium digelar di Wisma Negara CPI, dan Jalan sehat bersama ribuan masyarakat se-Sulawesi Selatan, akan digelar besok Minggu (10/2/2019) yang akan diikuti oleh 24 kabupaten/kota di Sulsel,”ujarnya kemarin saat menggelar Jumpa Pers di CPI.

Event ini atas kerjasama dengan Pemprov Sulsel kerjasama dengan Perhimpunan Onkologi, Kementerian Lingkungan hidup, Kementerian Kesehatan, dan Yayasan Kanker Indonesia.

Wakil Ketua 1 Dekranasda Sulsel, Andi Oci Alepuddin yang mewakili Pemprov Sulsel mengatakan peserta dari 24 kabupaten/kota tersebut berasal dari pengurus Dekranasda dan Tim PKK di 24 untuk bersama-sama menyukseskan kegiatan tersebut.

“Segala persiapan sudah siap termasuk koordinasi dengan semua peserta,harapan kita masyarakat saling mengajak karena acara ini sangat penting bagi masyarakat agar tahu dampak buruk dari penggunaan plastik yang berlebihan,”kata Andi Oci.

Dikatakan hadirnya seminar yang dirangkai dengan simposium tersebut merupakan suatu kebanggaan bagi Pemprov Sulsel selaku tuan rumah untuk menggelar Hari Kanker Sedunia.

“Adapun acara malam ini kita akan menggelar penggalangan dana di rujab Gubernur untuk para survior. Ada tiga lukisan yang akan dilelang dan sejumlah baju dari para desainer di Sulsel,”kata dia lagi.

Seperti kita ketahui bahwa penyakit kanker merupakan satu dari sekian banyak Penyakit penyebab kematian di Indonesia maupun di dunia,itulah mengapa setiap tahun diperingati Hari Kanker Sedunia.

Zaman ini penyakit mematikan tersebut banyak disebabkan oleh faktor Sporatik seperti asap rokok,makanan,dan berasal dari faktor mikro plastik yang menyebar pada biota laut menjadi salah satu penyebabnya.

“Penyebab Kanker disebabkankan faktor genetik hanya 5 sampai 20 persen sebagian karena faktor sporatik dan gaya hidup diera modern ini,”kata Ahli Bedah Payudara yang juga panitia Seminar Hari Kanker Sedunia dr.Alifah Amiruddin MD,MS.

Seminar ini juga kata Alifah merupakan ajang untuk mempromosikan Sutra Emas Sulsel yang merupakan salah satu Icon pariwisata Sulsel dan masuk dalam UMKM Dekranasda Sulsel.

Di akhir seminar bakal ada penandatanganan MOU deklarasi program Pengurangan Penggunaan Sampah Plastik di Sulawesi Selatan.

Penulis : Nina Annisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.