Catatan Akhir Tahun, Ini Pencapaian Kinerja Polda Sulbar Sepanjang Tahun 2018

Mamuju.daulatrakyat.id- Kepolisian Daerah Sulawesi Barat  merilis capaian kinerja Polda Sulbar sepanjang tahun 2018, yang dikemas dalam konfrensi Pers
di Aula Arya Guna Mapolda, Jumat (28/12/18).

Catatan akhir tahun tersebut di hadiri langsung Kapolda Sulbar Brigjen Pol Drs. Baharudin Djafar, M.Si di dampingi Wakapolda, Irwasda dan Kabid Humas serta para Pejabat Utama dan Kapolres Mamuju.

 Kapolda Sulbar mengucapkan terimakasih kepada seluruh Media yang tetap solid dalam memberitakan segala perkembangan kamtibmas dan kinerja Kepolisian yang menjadi komsumsi publik khususnyaa bagi masyarakat yang berdomisili di Sulbar sehingga keamanan dan ketertiban terus terjaga serta kondusif.

“Semoga hal ini bisa terus dijaga dan di pertahankan bersama demi Sulawesi Barat yang tetap aman, damai dan sejahterah,” kata Kapolda.

Konferensi pers diakhir tahun ini merupakan kegiatan rutin sebagai bentuk pertanggung jawaban Kepolisian Polda Sulbar terhadap masyarakat dalam menyampaikan informasi publik yang berkaitan dengan situasi dan kondisi Kamtibmas terkini, serta evaluasi implementasi kegiatan yang menjadi atensi publik yang perlu direspon secara obyektif melalui media siaran pers.

Kapolda Sulbar menyebutkan, sepanjang tahun 2018 pencapaian kinerja Polda Sulba hmeliputi Aspek Pembinaan, Aspek Operasional, Operasi kepolisian, Bidang Sarpras, Bidang Teknologi Informasi (TIK) dan Prediksi serta antisipasi perkembangan kamtibmas 2018.

Di bidang pembinaan Sumber Daya manusia (SDM) misalnya, kenyataannya hanya 2.887, padahal kebutuhan sebenarnya adalah 8.105. Artinya kekurangan personil hingga saat ini sebanyak 5.218 personil.

Untuk penerimaan Akpol TA. 2018 jumlah animo sebanyak 23 orang namun tak satupun yang terkirim, pasalnya rata-rata NEM peserta AKPOL tahun 2018 tidak mencapai standarisasi yang ditetapkan.

Sedangkan untuk Peserta Bintara tahun ini Polda Sulbar mengirimkan perwakilannya sebanyak 175 orang terdiri dari 161 Polki dan 15 Polwan. Namun yang terpenting adalah Apresiasi masyarakat terkait penerapan BETAH selama Proses seleksi.

Dalam aspek pelanggaran disiplin Polda Sulbar men PTDH 11 orang di tahun 2017.  Pada tahun 2018 Polda Sulbar kembali menPTDH 10 personil.

Dibidang Operasinal, angka kecelakaan laka lantas tahun 2017 sebanyak 650 kasus dan turun menjadi 572 kasus di tahun 2018.

Sedangkan kasus menonjol yang ditangani Polda Sulbar saat ini ada 2 (dua) yaitu kasus dugaan korupsi APK dan sudah masuk  (P21), dan Kasus CPNS yang masih dalam penyelidikan kepolisian.

Wakapolda Sulbar

Kapolda Sulbar juga menyampaikan data Perkara Tindak Pidana narkoba yang mengalami peningkatan dari 137 di tahun 2017 menjadi 154 di tahun 2018.

Untuk bencana alam terjadi 38 kali sepanjang tahun 2018 mulai dari gempa bumi (2), Banjir (6), Tanah Longsor (22) dan Kebakaran hutan (8).

Demikian catatan akhir tahun 2018 yang disampaikan Kapolda Sulbar, dengan harapan kiranya dapat bermanfaat bagi segenap rekan-rekan wartawan sebagai bahan untuk disajikan kepada publik dalam mencermati situasi kamtibmas selama tahun 2018.

“Saya berharapan Media dan masyarakat pada umumnya terus ikut serta berpartisipasi aktif dalam memelihara keamanan dan ketertiban di lingkungannya masing – masing menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2019 hingga pada Pemilu 2019 demi terciptanya situasi yang aman, damai dan sejuk” pungkas Kapolda.

Pelaksanaan Kegiatan juga diwarnai dengan saran, masukan dan Tanya jawab sekilas perkembangan kamtibmas sepanjang tahun 2018.

Sumber :Humas Polda Sulbar (BOZ)

Editor    : Salim Majid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.