Bupati Lutra Indah Putri Indriani Appresiasi OJK

Makassar.daulatrakyat.id.Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani menghadiri Expo Literasi dan Inklusi Keuangan yang digelar oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulampua, Sabtu (20/10/2018) di Anjungan Pantai Losari Makassar.

Kegiatan bertemakan mengangkat tema “Sinergi Mendorong Percepatan Akses Keuangan” ini dihadiri oleh Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, Anggota DPR RI, Amir Uskara dan beberapa kepala daerah Kabupaten/Kota se-Sulsel dan para petinggi perbankan, asuransi dan lembaga keuangan non bank.

Ditemui usai menerima penghargaan dari OJK Indah mengaku senang bisa menjadi bagian dari perhatian OJK pada perkembangan literasi dan keuangan masyarakat Lutra.

“Saya berharap semua masyarakat saya yang bergelut disemua sektor dapat memahami apa itu literasi keuangan dan kemudahannya.Apa yang menjadi hak dan kewajibannya saat jadi nasabah perbankan dan yang paling penting petani sudah tidak bergantung lagi pada pihak ketiga diluar perbankan,”ujarnya.

Sekedar diketahui Lutra memiliki pertumbuhan ekonomi yang setiap tahunnya tumbuh sebesar dua persen dimana pada tahun 2017 lalu ekonomi Lutra hingga 7,6 persen yang di dorong dari sektor pertanian kendati baru 28 persen yang mengakses perbankan.

Sebelumnya Indah melalui dinas terkait memberikan bantuan keuangan sebesar Rp20 Miliar kepada kelompok usaha perempuan dan pemuda namun baru sekira 70 pengusaha dengan nilai sebesar Rp700 juta yang baru bisa tersalurkan.

Akhir tahun pihaknya akan segera mengaktifkan SRG alias Sistem Resi Gudang yakni sebuah program pemerintah yang diberikan pada petani yang menghasilkan 17 komoditi.Kerjasama BRI yang akan memberikan Kredit maksimal Rp75 juta.

Kepala OJK Regional 6 Sulampua, Zulmi menambahkan, kegiatan ini bertujuan untuk mempublikasikan dan mengoptimalkan program-program inklusi keuangan melalui kegiatan pameran produk keuangan dan UMKM.

Tak hanya itu, ini juga diperuntukkan agar bisa meningkatkan pemahaman dan awareness masyarakat terhadap produk atau layanan jasa keuangan, membuka akses keuangan kepada berbagai lapisan masyarakat, mendorong pembukaan rekening serta penggunaan produk dan layanan jasa keuangan.

“Mari kita ajak masyarakat Makassar untuk dapat mengunjungi berbagai booth yang ada di kegiatan ini karena ada beragam booth UMKM yang merupakan binaan perbankan,perbankan,industri keuangan non bank (asuransi,pegadaian,perusahaan pembiayaan lainnya dan fintech),”ungkapnya.

 

Penulis : Nina Annisa

 

Tinggalkan Balasan

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.