BPS Rilis Profil Kemiskinan di Sulsel Selama September

Makassar.daulatrakyat.id.Meskipun pertumbuhan ekonomi Sulsel masih diatas rata-rata nasional tepatnya berada di angka 7,17 persen berasal dari sektor Pertanian sebesar 1,16 persen,Konstruksi sebesar 1,28 persen dan Perdagangan sebesar 1,82 persen.

Ketiga faktor pemicu pertumbuhan ekonomi Sulsel tersebut paling banyak didominasi dari sektor perdagangan.

” Dari 24 kabupaten/kota di Sulsel ada tiga Kabupaten yang tingkat kemiskinannya paling tinggi yakni Jene’ponto sebesar Pangkep dan Kabupaten Toraja Utara,”ungkapnya.

Dari data diatas Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Selatan kembali mencatat pertumbuhan angka kemiskinan Sulsel pada bulan September 2018 lalu.

Tercatat Jumlah penduduk miskin di Sulsel September 2018 sebesar 779,64 ribu jiwa,mengalami penurunan sebesar 46,33 ribu jiwa jika dibandingkan dengan kondisi September 2017 menjadi 8,87 persen pada September 2018.

Kepala BPS Sulsel Yos Hardiansyah memaparkan persentase penduduk miskin mengalami penurunan baik daerah perkotaan maupun pedesaan selama periode september 2017 -September 2018.

“September 2018 sumbangan garis kemiskinan makanan terhadap garis kemiskinan sebesar 74,95 persen sedangkan pada September 2017 sebesar 74,59 persen,”ujarnya

Adapun penyumbang komoditas dari penurunan kemiskinan antara lain beras,rokok kretek filter,kue basah,bandeng,telur ayam ras,mie instant dan gula pasir.

Untuk komoditas bukan makanan kontribusi besar didominasi dari biaya perumahan,bensin,listrik,pendidikan dan perlengkapan mandi.

Disebutkan pada periode September 2017 hingga September 2018 indeks kedalaman kemiskinan (P1) menunjukkan penurunan baik didaerah perkotaan maupun pedesaan.

“Khusus indeks keparahan kemiskinan (p2) menunjukkan penurunan di daerah perkotaan namun di daerah pedesaan mengalami peningkatan,”terangnya.

 

Penulis : Nina Annisa

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.