BPJS Kesehatan Programkan Pelayanan JKN – KIS Saat Mudik

Makassar.daulatrakyat.id.Jelang mudika lebaran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Makassar kembali menyelenggarakan program layanan Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) pada H -8 sampai H + 8 di momen Ramadhan tahun ini.

Ichwansyah Gani selaku Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Makassar mengatakan bahwa Prinsip penyelenggara Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) alias Kartu Indonesia Sehata (KIS) akan dirasakan saat mudik lebaran.

“Adapun prosedurnya bagi peserta yang memiliki penyakit dengan jangka waktu pengambilan obat jatuh pada waktu libur maka dapat diambil sebelumnya,”kata dia.

Dijelaskan pelayanan tersebut khusus diberikan untuk peserta JKN – KIS di kantor cabang BPJS kesehatan selama libur lebaran pada tanggal 11 – 14 dan 18 – 20 Juni 2018.

“Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi yakni peserta yang berada diluar kota dapat mengakses pelayanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) walaupun peserta tdk terdaftar di FKTP,” jelasnya.

Ia menambahkan khusus untuk peserta yang berada di luar wilayah saat libur lebaran,ini juga berlaku untuk FKTP Non Puskesmas (Klinik Pratama dan Dokter Praktek Perorangan) yang membuka praktek layanan kesehatan.

“Untuk yang berada diluar daerah saat libur lebaran,berlaku FKTP non puskesmas yang membuka praktek layanan kesehatan,”tambahnya saat melakukan jumpa pers di lantai 2 Hotel Golden Tulip Makassar Senin (4/5/2018).

BPJS menegaskan bahwa peserta yang terdaftar dan berstatus kepesertaan aktif diimbau untuk selalu membawa kartu JKN – KIN untuk digunakan sebagaimana mestinya.

Penulis : Nina Annisa

Tinggalkan Balasan

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.