BI dan OJK Siap Atasi Aksi Lonjakan Valas

Jakarta.daulatrakyat.id.Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, bank sentral siap mengatasi aksi spekulan perdagangan valuta asing (valas). Perry mengatakan, BI bersama dengan OJK akan terus memantau transaksi valas di Tanah Air guna menjaga stabilitas nilai tukar.

“Sebelum Turki dan Argentina, kami bersama OJK memeriksa ke bank mengenai underlying. Pada waktu itu kami tidak menemukan ada pembelian valas tanpa underlying. Tapi, pada waktunya kami bersama OJK akan memeriksa lagi ke bank-bank,” kata Perry di Kompleks Parlemen, Jakarta, pada Selasa (4/9/2018).

Perry menekankan, BI memiliki ketentuan terkait pembelian dolar AS. Syaratnya, kata dia, adalah dokumen pendukung dari nasabah atau underlying. Oleh karena itu, BI akan terus menyoroti pembelian valas ke depannya.

Selain itu, Perry juga menyampaikan kepada importir atau korporasi untuk tidak tergesa-gesa memburu dolar AS.

“Tidak perlu tergesa-gesa .Kita sudah sediakan swap. Ada persepsi, belum waktunya, sudah beli. Itu harus ditangani,” kata Perry.

Ia menegaskan, bank sentral berkomitmen untuk menjaga nilai tukar rupiah. BI juga siap meningkatkan intervensi, baik di pasar valas maupun pembelian SBN di pasar sekunder sejak pekan lalu.

“Intensitasnya semakin tinggi, jumlahnya ditingkatkan dari hari Kamis (30/8) kemarin.Kita intervensi dalam jumlah yang besar di pasar valas,”Pungkas Ferry.(Republika)

Editor : Nina Annisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.