Bea Cukai Musnahkan Rokok dan Miras Ilegal

MAKASSAR.DAULATRAKYAT.ID.Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan melakukan pemusnahan 12.543.000 batang rokok ilegal senilai Rp8,9 Milyar berikut minuman keras ilegal sebanyak 522 botol, senilai Rp 301 juta.

Pemusnahan barang ilegal tersebut salah satu upaya nyata Bea Cukai dalam menjalankan fungsinya selaku community protector, di mana Bea Cukai akan terus berupaya dalam melindungi masyarakat dari peredaran barang-barang ilegal yang berpotensi membahayakan.

Dikatakan Direktur Jenderal Bea Cukai Sulawesi Selatan, Heru Pambudi, rokok dan minuman keras ilegal yang dimusnahkan adalah tindak lanjut dari pemusnahan sejak tahun 2018 kemarin hingga tahun 2019.

“Ini tindak lanjut kita yang berpotensi merugikan negara yang berhasil kita selamatkan senilai Rp4,2 miliar,”kata Heru di Makassar, Rabu (13/3/2019).

Diketahui Rokok dan minuman keras ilegal tersebut berhasil diamankan dari pelabuhan laut. Sedangkan sebagiannya dari yang sudah beredar di pasaran di wilayah Sulsel dan Sulawesi Barat.

Heru menambahkan, Bea Cukai terus berkomitmen dalam melindungi masyarakat dari beredarnya barang-barang ilegal yang berisiko tinggi,sejalan dengan program yang diusung Bea Cukai dalam menciptakan iklim bisnis yang kondusif bagi para pelaku usaha yang menaati dan ketentuan perpajakan.

“Kami terus mendorong para pelaku usaha agar menanamkan mindset bahwa legal itu mudah. Tujuannya agar pasar dalam negeri diisi oleh produk-produk lokal yang membayar pajak,” terang Heru.

Ia berharap pemusnahan tersebut juga dapat memberi efek jera kepada para oknum yang berupaya memproduksi bahkan menggedarkan rokok serta minuman keras secara ilegal untuk menghindari ketentuan perpajakan.

“Langkah yang kami lakukan ini merupakan peran aktif, dan sinergi antar instansi, aparat penegak hukum, dan masyarakat dalam melakukan dan melaporkan tindakan yang melanggar ketentuan hukum,”terang Heru.

Report by Nina Annisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.