Bawaslu Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif

Selayar, daulatrakyat.id – Sosialisasi Pengawasan Partisipatif telah diikuti sebanyak 66 peserta yang digelar di Rayhan Resto dan Coffe Kepulauan Selayar, Senin 15 Oktober 2018.

Hadir dalam.sosialisasi ini diantaranya.Wakil Bupati Kepulauan Selayar, Dr. H. Zainuddin, SH, MH, Asistenpraja, Setda Drs. Suardi, Ketua Bawaslu Provinsi, Azri Yusuf, SH, MH, mantan Anggota Panwaslu Selayar, Drs. Sirajuddin sekaligus sebagai pembicara, perwakilan Partai Politik (parpol) di Kepulauan Selayar, Juga hadir perwakilan organisasi masyarakat dan perwakilan media massa.

Ketua panitia, Zulkifli, ST, MM dalam laporannya mengatakan, sosialisasi pengawasan pemilu bertujuan agar seluruh elemen masyarakat dapat terlibat secara aktif dalam pengawasan pemilu, sebagaimana dalam tupoksi Bawaslu yaitu pengawasan.

Komisioner Bawaslu Provinsi ini mengajak Bawaslu, Media massa dan masyarakat untuk bersama sama melakukan pengawasan.

Dalam pemaparannya, Azri Yusuf, SH, MH mengatakan konsekwensi dengan sistim pelaksanan yang disepakati melalui pemilu, jika disimpulkan pemilu adalah sarana kedaulatan rakyat.

Ia meyebut pengawasan pemilu partisipatif adalah bukan sesuatu yang tiba- tiba.

“Sejak tahun 1955 kita selalu sukses menyelenggarakan Pemilu secara demokratis. Pemilu bukan sekedar menggunakan hak konstitusi bagi seorang pemilih,” sebutnya.

Menurut dia, pemilu dengan money politik sama halnya menumbuh suburkan korupsi di negeri ini.

Seba itu, kata dia keterlibatan masyarakat sebagai pemilih maupun penyelenggara butuh partisipasi aktif.

Pada kesempatan sama, Wakil Bupati H Zainuddin dalam paparannya menjelaskan, pengawasan tersebut adalah proses mencocokkan tindakan tertentu, apakah bersesuaian dengan rencana dan perundangan yang berlaku.

Penulis :Nur Alim
Editor :Salim Majid

Ket gambar : Sosialisasi Pengawasan Partisifatif Digelar di Selayar

Tinggalkan Balasan

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.