MAKASSAR.DAULATRAKYAT.ID.PT Telkom Indonesia bersama Publikom Strategic mengajak media untuk terus menjalin hubungan baik dalam menjalin mitra melalui Pelatihan Jurnalistik yang digelar pada Senin 20 sampai dengan 21 Februari 2023 di Hotel Mercure Nexa Pettarani Makassar.
Pelaksanaan pelatihan Jurnalistik tersebut bertemakan “Business Update Transformasi Telkom Indonesia.Menghadirkan 25 orang awak media yang berasal dari Kota Makassar, Parepare dan Toraja.
VP Corporate Communication PT Telkom Indonesia, Andri Herawan Sasoko dalam sambutannya mengatakan ide berawal dari
Komisaris PT Telkom Rizal Mallarangeng.
“Melalui hasil bincang-bincang kami dan ide beliau maka jadilah pelatihan Jurnalistik ini dan memilih Makassar sebagai kota pertama penyelenggaraan,”ungkapnya.
Komisaris PT Telkom Rizal Mallanrangeng dalam sambutannya juga mengatakan pihaknya ingin hubungan antar media dan PT Telkom semakin erat dimana kita saling membutuhkan.Artinya media butuh informasi tentang PT Telkom dan Telkom butuh publikasi untuk lebih dikenal masyarakat.
” Kita juga ingin teman -teman media untuk terus belajar termasuk bagaimana
memanfaatkan sosmed. Dengan adanya pelatihan ini akan menjadi dasar seorang jurnalis dalam membuktikan kemampuannya dalam menulis,”kata Rizal Mallarangeng.
Pelatihan ini kata dia sangat penting sebagai salah satu Revolusi komunikasi
agar Telkom lebih dikenal masyarakat apalagi dengan adanya program lima langkah strategis PT Telkom yang sedang digagas.
“Kita berharap selanjutnya hubungan akan terus berlanjut untuk membuat ekosistem antar media dan Telkom
Kita akan membangun data center paling besar.Sebuah bisnis masa depan yang akan kita simpan di Indonesia tepatnya di Batam,”pungkasnya.
Ia juga meminta PT Telkom dan Media terus menjadi mitra yang baik dengan tujuan kedua belah pihak mendapatkan manfaat besar.
Salah satu program strategis PT Telkom Indonesia adalah penggabungan Telkomsel dan Indie Home dengan target pelanggan 10 Juta pelanggan rumah tangga.Pihaknya juga sukses membukukan pendapatan Rp148 triliun dengan laba bersih Rp24 triliun pada tahun lalu.
Terkait kapan penggabungan Indie Home dan Telkomsel tersebut Rizal bilang belum bisa memastikan kapan namun ia optimis tahun ini.
Adapun transformasi Telkom dengan lima strategi utama, mulai dari inisiatif Fixed Mobile Convergence (FMC), InfraCo, Data Center Co, B2B Digital IT Service Co dan DigiCo.
FMC merupakan inisiatif untuk menyatukan layanan IndiHome dengan Telkomsel sehingga nantinya layanan fixed dan mobile broadband ini akan berada dalam satu entitas demi memberikan layanan broadband terbaik dengan biaya yang efisien.
Inisiatif InfraCo merupakan langkah konsolidasi pada infrastruktur telekomunikasi yang memungkinkan adanya network sharing demi mengoptimalkan potensi dan valuasi.
Kemudian inisiatif Data Center Co, Telkom saat ini tengah melakukan konsolidasi data center dalam satu entitas Telkom Data Ecosystem.(ninaannisa)