ABM Lepas Sandeq Race Disaksikan Wisatawan Korea

 

Sandeq Race Sesaat Sebelum di lepas Oleh Gubernur ABM

Detik-Detik Pelepasan Sandeq Race 17 Agustus 2017

Daulatrakyat.id,Mamuju-Sepanjang bibir pantai manakarra manuju Sulbar tiba-tiba di padati lautan manusia menyaksikan Sandeq Race akan di helat.

Matahari Siang begitu sinarnya menyengat wajah. Namun tak menyurutkan semangat para pasandeq untuk ikut menerjang ganasnya ombak siang itu.

Perahu Sandeq itu siap-siap menunggu perintah dari sang Gubernur Sulbar ABM.Lomba perahu tradisional mandar atau yang biasa di sebut Sandeq Race telah di lepas langsung oleh Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar di pantai manakarra diatas jalan arteri mamuju,Kamis,17 Agustus 2017.

Rute Sandeq Race rencananya dibagi menjadi 7 etape yang dijadwalkan etape trakhir akan finish di pantai losari makassar.

Penggiat perahu tradisional mandar Kim myoung sik dari korea sangat mengapresiasi even tahunan Sandeq Race.
” Saya pertama kali melihat dan suka acara tradisi seperti sandeq rece,” ujar Kim Young asal korea saat wawancara singkat daulatrakyat.id dengan dialek bahasa Inggris.

Mereka ber-6 datang ke Mamuju untuk menyaksikan even Sandeq Race ini.”I Like And I Will promotion Sandeq Race in Korea,” begitu Kim Young berjanji akan mempromisikan lomba perahu tradisional ini di Korea.

Kim Young juga mengakui jika memiliki perahu sandeq dalam ukuran kecil. ” I Have Sandeq But Small,” katanya.

Sementara Gubernur Sulbar ABM mengapresiasi kegiatan Sandeq Race. Meski Dia mengakui perahu yang berlomba hanya 20 peserta.

” Tahun depan Insya Allah akan diikuti 40 peserta dan akan lebih siap,” kata ABM saat memberi sambutan jelang pelepasan Sandeq Race.

Bahkan lomba tahun depan bisa di kemas lebih produktif dan kratif.” Nanti tidak segedar berlomba tapi pasandeq juga bisa menangkap ikan sambil berlomba.Hasil tangkapannya nanti di bagikan ke masyarakat,” katanya.

Katua panitia Sandeq Race Hamzih menjelaskan setiap etape di beri kepercayaan kepada masing-masing Kadis di lingkup Pemprov Sulbar yang telah disebutkan namanya oleh panitia.

Misalnya Etape 1 Mamuju -Deking akan di handel atau di tangani Kadis DKPP Ir.Parman Parakkasi. Brgitu pula dengan etape selanjutnya.
Hingga etape terakhir di makassar.

Pelepasan Sandeq Race 2017 telah di hadiri pula Kapolda Sulbar,Danrem 142/ Tatag, Sekprov,OPD Lingkup Sulbar,DPRD Sulbar,serta para undangan.

Penulis : Salim Majid
Editor    : Salim Majid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.