MAKASSAR.DAULATRAKYAT.ID.Night (MCN) kembali lagi untuk merayakan perjalanannya sebagai festival kuliner kebanggaan Kota Makassar. Sebagai festival kuliner yang telah terselenggara sejak April 2015, MCN telah diadakan sebanyak 23 kali dan selalu menjadi event yang dinantikan oleh masyarakat, khususnya warga Kota Makassar
Diselenggarakan oleh Senada Project, festival ini menjadi wadah bagi para pelaku UMKM kuliner untuk memperkenalkan produk-produk terbaik mereka sekaligus berkontribusi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif di Kota Anging Mammiri.
Demi menjaga kualitas pengalaman kuliner bagi pengunjung, setiap tenant yang berpartisipasi melalui proses kurasi yang ketat, mencakup aspek harga, kemasan, cita rasa, hingga mutu produk yang dijual. Dari proses tersebut, terpilih 75 tenant terbaik dari ratusan pendaftar yang siap menyajikan ragam kuliner
Tak hanya menampilkan kelezatan kuliner. Honda Makassar Culinary Night kali ini juga menghadirkan Creative Market sebagai daya tarik baru. Di area ini, pengunjung dapat menjelajahi berbagai produk unggulan dari 10 pelaku usaha kreatif lokal, mulai dari kerajinan tangan fashion lokal, aksesori hingga parfume yang menggambarkan kekayaan ide dan kreativitas anak muda Makassar.
Kehadiran Creative Market ini menjadi wujud komitmen MCN dalam memperluas dukungan terhadap ekosistem ekonomi kreatif di luar sektor kuliner, serta memperkenalkan karya-karya orisinal yang lahir dari pelaku usaha lokal
Mengusung tema “Pesta Rakyat, Honda Makassar Culinary Night”, festival ini menjadi simbol kebersamaan dan kegembiraan masyarakat dalam merayakan ulang tahun Kota Makassar yang ke 418 tahun, serta perjalanan panjang festival kuliner ini.
Melalu tema tersebut, Pesta Rakyat, Honda Makassar Culinary Night ingin mengajak masyarakat untuk mengenang cerita-cerita dan pengalaman berkesan yang telah tercipta selama satu dekade penyelenggaraan.
Festival ini akan digelar pada 1-2 November 2025 di Monumen Mandala. Area festival akan disulap menjadi ruang publik yang meriah dengan zona-zena spesial tempat pengunjung bisa berkumpul dan menikmati aneka kuliner dalam suasana yang hangat dan penuh kebersamaan.
“Kami akan selalu memastikan Makassar Culinary Night memiliki lokasi yang strategis dan menjadikan event ini memiliki ciri khas yang dapat selalu diingat oleh pengunjung” ujar Mistrianie selaku Founder Makassar Culinary Night
Pesta Rakyat, Honda Makassar Culinary Night juga menghadirkan berbagai kolaborasi dan aktivitas menarik yang menambah keseruan festival tahun itu.
Salah satunya adalah kolaborasi bersama Honda Jagoan Kuliner melalui sesi live cooking dengan tenant guest pilihan seperti Roket, Tao Bun, Butter Call Soul, dan Tumbuh mks yang akan menyajikan berbagai hidangan spesial yang dibuat khusus untuk event ini
Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati beragam kegiatan interaktif seperti personal color analysis dari Sora Color Studio. Emotional Painting dari Paint ur Feelings, perfume workshop dari O and Co Parfume, kids activity dari Beekids hingga magie hour storytione MCN dari Dongeng kak Heru, yang dirancang untuk memberikan pengalaman seru bagi seluruh pengunjung dari berbagai kalangan.
Honda, sebagai sponsor utama, kembali berkolaborasi dengan Makassar Culinary Night melalui kegiatan Konvoi | Dekade Honda Makassar Culinary Night.
Office Promotion Honda Adi Ridwan, menjelaskan bahwa “Bergabungnya Honda menjadi sponsor dalam event kuliner Makassar Culinary Night merupakan bentuk dukungan terhadap salah satu daya tarik Kota Makassar sebagai kota dengan kuliner yang enak di Indonesia.”
Untuk memberikan kenyamanan bertransaksi. Pesta Rakyat, Honda Makassar Culinary Night juga bekerja sama dengan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sulawesi Selatan Sulawesi Barat (Sulselbar), yang kembali menghadirkan layanan QRIS agar pengunjung dapat bertransaksi dengan mudah dan tanpa uang tunai.
Sponsor lainnya yang turut mendukung acara ini antara lain. IM3, Gojek, Teh Botol Sosro, Prima Water, Prima Vision, Prima Home. Amsterdam Photography, kolaborasi olahraga bersama Helopound dan Ikatan Langkah Dansa Indonesia Kota Makassar.
Selama dua hari penyelenggaraan, panitia menargetkan capaian transaksi hingga Rp 1 Miliar dengan jumlah pengunjung mencapai 30.000 orang. Harapannya, acara ini dapat terus mendapat sambutan positif dari masyarakat serta menjadi agenda tahıman eng memperkulit citra Makassar sebagai kota kuliner unggulan di Indonesia
Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Official Radio Partner, Prambors Radio, serta Media Partner Supet dan Telstar Radio. Juga, sejumlah food blogger: @ngemil_lucu, @makan2mks, anganre rong. @mksfoodbang. @makassarkulinercom, @makassargoeat, @makan_dehh dan @jajanan makassar
“Dengan dukungan dari berbagai pihak, kami berharap Pesta Rakyat. Honda Makassar Culinary Night dapat menjadi ajang yang bukan hanya menghidupkan suasana kuliner, tetapi juga memperkuat potensi ekonomi kreatif dan kebanggaan warga Makassar,” tutup Mistrianie





























