Search
Close this search box.

Bersama Mahasiswa Mikom UPN Veteran Yogyakarta, Pelaku IKM Sleman Gali Nilai Produk sebagai Daya Tarik Wisatawan

Sleman, – Sebanyak 40 pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) Sleman mengikuti seminar dan workshop bertajuk “Strategi IKM dalam Menaikkan Value Produk agar Menjadi Daya Tarik Wisatawan” yang digelar atas kerja sama antara Magister Ilmu Komunikasi (Mikom) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta dan Rumah Kreatif Sleman (RKS), bertempat di Deskranasda Sleman. Rabu, 25 Juni 2025

Sesi ini dipandu oleh Emiliana Maulida, sekaligus moderator yang merupakan perwakilan dari Mikom UPNYK dan anggota IKM Sleman, dan dibuka oleh Herry Murthala, Konsultan IKM Disperindag Sleman, beliau menekankan pentingnya peran RKS sebagai pusat pengembangan UMKM daerah.

Sebagai pembicara pembuka, Cecelia Dwi W, praktisi marketing dan branding yang juga merupakan perwakilan mahasiswa Mikom UPNYK memaparkan pentingnya membangun value produk yang tidak hanya fokus pada fungsi barang, tetapi juga sebagai solusi dari permasalahan dan dapat memenuhi kebutuhan wisatawan. Materi utama disampaikan oleh Dr. Kiki Gumelar, S.ST., M.MPar., pendiri Chocodot, yang membagikan pengalamannya membawa produk lokal naik kelas hingga dikenal secara nasional dan internasional. Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Koordinator Program Studi Magister Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta, Assoc. Prof. Dr. Edwi Arief Sosiawan, S.IP., M.Si., CIIQA, CIAR, CPM(Asia), yang memberikan dukungan penuh terhadap kolaborasi an tara dunia akademik dan pelaku UMKM.

Dalam workshop ini, peserta juga turut aktif mengerjakan lembar kerja khusus yang dirancang untuk menggali permasalahan yang bisa diselesaikan oleh produk mereka, mengidentifikasi solusi dan value produk, serta menyusun kalimat promosi berbasis problem-solution-value yang didampingi oleh mahasiswa Mikom UPNVYK. Para pelaku IKM antusias berdiskusi dan mengembangkan narasi produk, mereka beranggapan sesi ini membuka cara pandang baru dalam melihat kekuatan produknya.

Sebagai bentuk penghargaan, 5 worksheet terbaik memperoleh hadiah dari Koleksi eLena, dan 3 penanya terbaik mendapatkan bingkisan dari Chocodot. Seluruh peserta juga menerima voucher diskon khusus dari Burger Bangor Pakem. Kegiatan ini terselenggara berkat dukungan penuh dari sponsor utama: Maldi’s Properties dan Marine Blue Vila, yang berkomitmen dalam mendukung pengembangan produk lokal sebagai bagian dari kekuatan pariwisata daerah.

Kegiatan ini menjadi bentuk nyata kontribusi mahasiswa Mikom UPN “Veteran” Yogyakarta kepada masyarakat. Selain memperkuat koneksi akademik dengan dunia usaha, kegiatan ini juga membuka peluang kolaborasi jangka panjang antara UMKM, pemerintah, dan sektor swasta dalam membangun pariwisata berbasis kekuatan lokal.

“Ini bukan sekadar seminar atau talkshow, tapi awal dari gerakan penguatan produk IKM berbasis problem and solution, agar produk IKM memiliki nilai kebermanfaatan dan menawarkan solusi dari kebutuhan wisatawan.” ujar Cecelia.

“Saya akan kembali membaca materi paparan dan mempelajari lembar kerja agar lebih memhamai tentang masalah dan solusi produk, serta value dan promosi produk,” ucap salah satu peserta, Hartilah, seusai kegiatan workshop berakhir.

……

Pegadaian

DPRD Kota Makassar.

355 SulSel

Infografis PilGub Sulbar

debat publik pilgub 2024

Ucapan selamat Walikota makassar

Pengumuman pendaftaran pilgub sulsel

Pilgub Sulsel 2024

https://dprd.makassar.go.id/
https://dprd.makassar.go.id/