Oleh : Muslimin.M
Kurikulum memainkan peran penting dalam menentukan kualitas pendidikan, desainnya harus relevan dengan kebutuhan zaman, menyediakan pemahaman yang mendalam serta mendorong keterampilan yang dibutuhkan di dunia nyata. Kualitas kurikulum berbanding lurus dengan kualitas pendidikan, semakin berkualitas kurikulumnya maka diyakini akan semakin bagus kualitas pendidikannya, meskipun juga ada faktor lain yang berperan seperti faktor kualitas guru, metode pengajaran, sarana pendidikan dan termasuk dukungan masyarakat.
Kualitas sebuah kurikulum bisa kita nilai dari seberapa relevan, komprehensif, dan adaptif terhadap perkembangan zaman dan kebutuhan sekolah/siswa. Evaluasi secara terus menerus terhadap efektivitasnya serta respon terhadap perubahan sosial, teknologi dan ekonomi adalah bagian penting untuk menjaga kualitasnya. Kurikulum yang baik menjadi pondasi yang kokoh bagi proses pembelajaran yang bermakna dan relevan bagi siswa serta mendukung pengembangan mereka baik secara individu maupun secara keompok.
Dalam konteks itu maka kehadiran kurikulum merdeka sebagai respon atas hal yang dimaksud, Kurikulum merdeka merupakan salah satu terobosan penting menteri pendidikan, kebudayaan dan Ristekdikti untuk mengembangkan pendidikan yang lebih fleksibel dan berbasis pada potensi individu. Tentu hal ini bertujuan untuk memberikan ruang lebih besar pada siswa dalam memilih mata pelajaran yang ingin dipelajari sesuai minat dan bakat mereka. Dengan pendekatan ini tentu diyakini dapat meningkatkan relevansi pembelajaran dengan kondisi nyata, merangsang kreativitas dan inovasi dalam proses belajar mengajar serta memberikan keleluasaan bagi pengembangan kurikulum yang lebih responsif terhadap perubahan yang terjadi.
Dalam Kurikulum Merdeka ada konsep Merdeka belajar yaitu sebuah konsep pendidikan yang sebetulnya bagian penting dari kurikulum merdeka sebab inti dari tujuannya sama yaitu memberikan kebebasan yang lebih besar pada peserta didik dalam menentukan jalannya belajar, fleksibilitas, metode pembelajaran yang beragam serta penilaian yang lebih variatif untuk mengakomodasi kebutuhan peserta didik. Ini artinya ruang untuk peserta didik cukup luas untuk mengeksplor bakat, minat dan potensinya.
Kurikulum merdeka tentu berperan dalam mengubah paradigma tradisional pembelajaran, mengarah ke sistem yang lebih adaptif, responsif dan relevan dengan kebutuhan siswa serta perubahan dinamis dalam masyarakat. Mindset pembelajaran selama ini akan berubah dari tradisional menjadi lebih moderen, hal ini tidak terhindarkan sebab kondisi kekinian dan tuntutan zaman yang memaksa harus menyesuaikan jika tidak ingin tertinggal atau ditinggalkan.
Kurikulum Merdeka merupakan bagian dari upaya yang lebih besar dalam merampingkan dan memperbarui sistem pendidikan di Indonesia. Ini tentu berkaitan dengan fleksibilitas dalam Pembelajaran, mengubah pendekatan yang lebih terpusat menjadi lebih terdesentralisasi, memberikan keleluasaan pada sekolah dan guru untuk menyesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan siswa.
Kualitas Kurikulum Merdeka
Implementasi Kurikulum Merdeka saat ini tentu belum dapat dikatakan optimal apalagi berbicara tentang kualitas outputnya sebab baru beberapa tahun pelaksanaannya, perlu waktu dan kesiapan yang lebih dari cukup terutama kesiapan tenaga pendidik/ guru, sarana pendukung termasuk semangat dan keyakinan untuk sukses. Penekanan pada keterampilan relevan, menyelaraskan kurikulum dengan tuntutan zaman, memasukkan keterampilan abad ke-21 dan literasi yang diperlukan untuk sukses di era digital adalah salah satu bagian penting dari kurikulum merdeka ini.
Keberhasilan kurikulum merdeka dalam meningkatkan kualitas pendidikan secara umum tentu akan sangat tergantung pada implementasi yang tepat, pelatihan para guru serta dukungan dari berbagai pihak termasuk dukungan orang tua siswa, tentu ini penting sebab kurikulum itu bagian penting dari sistem pendidikan yang tidak bisa dilepaskan dari sistem sistem yang lain seperti sistem anggaran, sistem sosial bahkan
sistem politik. Pemberdayaan sekolah dan guru dengan memberikan tanggung jawab yang lebih besar kepada mereka untuk merancang strategi pembelajaran yang lebih inovatif serta meningkatkan perannya sebagai fasilitator belajar adalah variabel penting dalam kualitas kurikulum merdeka ini.
Meningkatkan kualitas kurikulum merdeka membutuhkan pemantauan yang cermat, penyesuaian yang tepat serta kolaborasi yang erat antara pihak pihak yang terlibat dalam proses pendidikan. Artinya bahwa implementasi kurikulum merdeka ini harus ada evaluasi secara serius agar kita dapat mengetahui efektivitas dan dampak yang dirasakan dalam tatakelola pendidikan terutama output yang dihasilkan.Kualitas kurikulum merdeka dan kualitas outputnya tentu sangat terkait sebab kurikulum yang baik membentuk dasar pendidikan yang berkualitas. Dengan kurikulum yang baik dan dukungan dari faktor lainnya maka kualitas pendidikan dapat meningkat secara signifikan.
Kurikulum yang berkualitas harus dapat menyesuaikan diri dengan perubahan zaman, tentu ini tergantung pada seberapa efektif dan relevan kurikulum ini dalam mempersiapkan siswa untuk menghadapi tuntutan masa depan, teknologi, serta relevansinya, misalnya sejauh mana kurikulum ini dapat menyediakan keterampilan yang sesuai dengan kondisi zaman, fleksibilitas kemampuan untuk menyesuaikan kurikulum dan kebutuhan, minat individual siswa serta mendukung pendekatan belajar yang berbeda. Pendek kata bahwa kurikulum merdeka ini harus berada dalam kesiapan yang siap memperbaiki kualitas pendidikan nasional secara umum.
Kualitas kurikulum begitu sangat penting karena akan menjadi landasan bagi pendidikan yang efektif dan relevan. Kurikulum yang berkualitas memastikan bahwa siswa mendapatkan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan, mempersiapkan mereka untuk dunia nyata dan membantu untuk meningkatkan keterampilan yang diperlukan untuk masa depan serta dapat meningkatkan minat belajar siswa menjadi lebih baik.
Mutu pendidikan dan mutu kurikulum ibarat dua sisi mata uang yang sama pentingnya, dua hal yang terkait erat, mutu pendidikan dipengaruhi oleh kurikulum karena kurikulum menentukan apa yang dipelajari peserta didik, bagaimana cara itu diajarkan serta bagaimana kemajuan mereka dievaluasi. Kurikulum yang baik dapat meningkatkan mutu pendidikan, sehingga seringkali kualitas pendidikan akan tercermin dari mutu kurikulum yang digunakan, dan tentu kita meyakini bahwa Kurikulum Merdeka adalah Kurikulum bermutu yang dapat melahirkan kualitas pendidikan kedepan.(*)