Sabir Asal Sulbar, Cerita Soal Tantangan Terberat Menjadi Wasit Dunia

Philipina.daulatrakyat.id– Menjadi wasit internasional bukanlah perkara gampang, begitu banyak suka duka yang kerap dirasakan.

Seperti apa suka duka seorang wasit dunia asal Sulawesi Barat ini selama di SEA Games Philipina?

Muhammad Sabir, seorang ASN di lingkup Pemprov Sulbar ini tengah berada di Philipinan dalam menunaikan tugas mulia menjadi wasit Internasional sepak takraw.

Dia mengungkapkan seorang wasit sekelas SEA Games. Harus memiliki persiapan yang matang. Selain fisik juga harus mampu menggunakan bahasa inggris.

” Kita haru mampu berbahasa inggris. Dan wajib kita membuka kembali aturan seperti peraturan internasional,” ungkap Sabir dalam keterangan tertulisnya saat berada di GOR Subic Philipina, 1 Desember 2019.

Namun dibalik kesuksesannya menjadi wasit internasional sepak takraw. Ternyata Ia tak lepas dari berbagai tantangan.

“Tantangan terberat yang pernah saya alami setelah ada komplen keputusan yang kami buat, saat saya pertama jadi wasit dunia.tapi itu semua bisa saya selesaikan dengan baik. Setelah itu semuanya sudah terbiasa,” ujarnya.

Jauh dari keluarga, bagi Muhammad Sabir tentu memiliki kebanggaan tersendiri.

“Kita berbangga bisa mengharumkan nama baik Bangsa dan Negara Walaupun kita dari Provinsi ke 33 di Indonesia,” cerita Sabir

Dukanya menjadi wasit tentu adalah menunaikan tugas, mulai pagi hingga malam tak mengenal lelah demi kehormatan bangsa. Kendati tak jarang muncul kejenuhan.

“Mudah mudahan Allah Swt.memberikan Pahala terhadap pengabdian ini,” kata Sabir.

Saat ini, pertandingan hoop putri sepak takraw juara 1 Philipina, 2. Indonesia, 3. Mnyamar. Rencana besok akan digelar pertandingan dobel putra.

Ditengah kesibukannya, Wasit Internasional sepak takraw asal Sulbar, Indonesia ini berharap pemerintah dapat memberikan perhatian khusus.

“Insyah Allah kami akan diberikan kepercayaan dari Koni Pusat sebagai TD ( Tehnical Delegate) PON XX di Papua.2020 mendarang,” pungkasnya.(*)

Editor : Salim Majid

Muhammad Sabit di GOR Subic Philipina pada SEA Games 2019

Nama : Muhammad Sabir

Jabatan : Pernah menahkodai komisi perwasitan Sepaktakraw Indonesia dua periode 2013-2017 dan 2017-2021.dan beberapa kali memimpin Asian Games,Sea Games dan Kejuaraan Dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.