GP Ansor Temui Raja Mamuju, Zahril : Ini Tradisi Santri

Mamuju.daulatrakyat.id – Jajaran Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Mamuju mengunjungi kediaman Maradika ‘Raja’ Mamuju, H. Andi Maksum Dai, Senin sore, 9 September 2019.

Silaturahmi ini dipimpin langsung Ketua PC GP Ansor Mamuju, Kiai Muda Zahril, didampingi Wakil Ketua GP Ansor, Ikhwan Wahid dan Sekretaris GP Ansor, Ashari Rauf. Mereka diterima langsung Raja Mamuju, H. Andi Maksum Dai.

“Alhamdulillah, hari ini kita jajaran Ansor bisa bersilaturahmi dengan Raja Mamuju. Ini sekaligus meminta restu dan memohon izin rencana pelaksanaan Diklat Terpadu Dasar Banser di Desa Kalepu, Kecamatan Sampaga beberapa hari kedepan agar berjalan dengan lancar,” kata Ketua PC GP Ansor Mamuju, Zahril kepada wartawan.

Zahril mengatakan, silaturahmi ini sangat penting. Apalagi, baru pertama kali jajaran PC GP Ansor Mamuju menyambangin langsung kediaman Raja Mamuju.

Selain itu, menurut Zahril kader-kader Ansor butuh wejangan dan nasehat dari tokoh atau Raja Mamuju dalam rangka pengembangan dan kemajuan kader muda NU di Mamuju.

” Karena memang ini tridisi santri dan anak-anak Nahdlatul Ulama (NU) seperti Ansor ini sangat menjunjung tinggi ulama dan pemangku adat atau raja. Makanya kita butuh sekali wejangan dan nasehat dari para tokoh-tokoh adat,” ujarnya.

Pimpinan Pondok Pesantren Maa’rif NU Kalonding ini menambahkan, salah satu latar belakang kekuatan yang dimiliki NU saat ini karena hubungan baik dengan para kalangan bangsawan seperti raja.

Hubungan islam dan kerajaan menurutnya adalah hubungan yang erat, dan susah untuk dipisahkan.

Islam, menurut dia dapat berkembang di Indonesia juga karena dukungan para raja-raja, utamanya raja-raja Islam di Nusantara.

“Sebab itu, kita di Mamuju juga akan semakin memperkuat hubungan ini,” katanya

Zahril menilai, kegiatan seperti ini akan terus dilakukan dengan raja Mamuju. Begitupun dengan tokoh-tokoh pemangku adat lainnya. Termasuk para ulama dan tokoh-tokoh atau sepuh NU di Mamuju.

“Tentu bukan hanya kali ini saja. Kita akan terus bangun silaturahmi. Dan juga kita akan lakukan kepada para pembesar Ansor dan NU di Mamuju yang sudah sepuh,” ujar Zahril.

Tak hanya itu, Doa bersama digelar pula dikediaman Maradika Mamuju bersama jajaran PC GP Ansor untuk kesehatan Raja Mamuju.

Sementara itu, Raja Mamuju H. Andi Makusm Dai menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Ansor atas kunjungan tersebut.

“Insya Allah ini jadi rahnat dan berkah kepada saya. Sejak dulu saya mengenal Ansor dan Banser. Saat itu masih A’ba Mu’in Ketuanya. Alhamdulillah hari ini kader-kader datang ke kediaman kami lagi,” ucap Andi Maksum.

Dia berharap, kegiatan yang dilakukan Ansor dan Banser di Mamuju senantiasa lancar dan berkah.

Bahkan Sang Raja Mamuju ini meyakini, Ansor akan terus berada di garis terdepan dalam menjaga ajaran Ahlusunnah Wal Jama’ah dan menjaga NKRI dari paham-paham yang bertentangan dengan ideologi negara.

“Sukses terus untuk anak-anakku kader-kader Ansor dan Banser di Mamuju. Kedepan kita akan agendakan kegiatan-kegiatan pengajian, dzikir, yasinan di kediaman kami ini. Insya Allah sukses terus untuk Ansor dan Banser Mamuju,” pungkasnya. (rils/dr)

GP Ansor Silaturahmi dengan Raja Mamuju

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.