Wajib Bagi Bank di Seluruh Indonesia,BI Luncurkan Sistem Pembayaran Nasional Lewat QR (QRIS)

MAKASSAR.DAULATRAKYAT.ID.Mengikuti perkembangan era digital saat ini di industri keuangan, Bank Indonesia tidak hentinya berinovasi guna menunjukkan komitmennya sebagai induk perbankan di Indonesia.

Kali ini Bank Indonesia (BI) meluncurkan sistem pembayaran berbasis teknologi digital bertaraf Nasional yakni “QRIS” atau QR Code Indonesian Standar yang akan diberlakukan pada 1 Januari 2020 mendatang, Senin (19/08/2019).

Iwan Setiawan selaku Pj. Kepala Grup Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah dan Layanan Administrasi mengatakan bahwa QRIS merupakan standar Quick Response (QR) Code yang digunakan untuk pembayaran melalui uang elektronik server based,dompet elektronika atau mobile banking .

” QRIS ini merupakan sistem pembayaran online melalui uang elektronik server based, dompet elektronika atau mobile bangkin yang memang hampir sama dengan beberapa aplikasi sistem pembayaran lainnya tapi keunggulan dari QRIS ini, mampu menghimpun seluruh sistem pembayaran, jadi tidak perlu repot – repot untuk menggunakan semua aplikasi pembayaran yang ada,cukup 1 aplikasi saya mampu membayar semua kebutuhan pengguna,” jelasnya di Kantor Perwakilan BI Wilayah Sulselbar.l

Adapun  keunggulan lain dari QRIS ini bisa digunakan sebagai transaksi pembayaran di domestik maupun luar negeri, masyarakat dapat bertransaksi dengan mudah dan aman karena aplikasi ini dirancang khusus oleh ahli yang profesional, menguntungkan pembeli karena hanya menggunakan kode QR sudah bisa melakukan pembayaran di semua aplikasi pembayaran pada ponsel,serta prosesnya cepat dan seketika sehingga mendukung kelancaran sistem pembayaran.

Untuk langkah awal, penerapan QR Code Payment menerapkan model Marchan Presented Mode (MPM) dimana penjual yang akan menampilkan QR Code pembayaran untuk dipindai oleh pembeli ketika melakukan transaksi pembayaran.

Adapun cara kerja barcode tersebut berbeda dengan sistem pembayaran barcode yang dimiliki payment digital lainnya.

“Barcode Qris ini akan digunakan bagi seluruh nasabah Bank-Bank yang ada di Indonesia,”pungkasnya.


Report By Nina Annisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.