Kapolda Sulbar – Kajati Bahas Soal Restoratif Justice

Makassar.daulatrakyat.id – Kapolda Sulbar Brigjen Pol Drs. Baharudin Djafar kunjungi  Kejati Sulselbar di Makassar, Senin, 5 Agustus 2019.

Kunjungan tersebut mendapat sambutan hangat dari Kajati Sulselbar beserta stafnya yang berlangsung di ruang kejati.

Kabid Humas AKBP Hj. Mashura mengatakan kunjungan kerja ini merupakan wujud sinergitas antara Kapolda Sulbar dan Kajati.

“Yang utama bersilahturahmi dengan membahas hal pokok dalam memberikan pelayanan yang terbaik buat masyarakat khususnya di provinsi sulbar,” ujar Mashura.

Manurut Mashura pertemuan kedua penegak hukum ini membahas pula soal persiapan pembangunan Kejati Sulbar.

“Pihak kajati memohon bantuan agar pembangunan markas di sulbar di dukung oleh Polda Sulbar sehingga berjalan aman dan lancar,” ujarnya.

Pertemuan tersebut membahas pula soal konsep penegakan hukum, dengan penerapan Restoratif Justice yaitu kerjasama riil dengan sinergitas duduk bersama dan mencari akar permasalahan bersama
penyidik dan JPU, serta penegak hukum lainnya dalam penerapannya dengan melibatkan Content Lokal (Kearifan Lokal) Keadilan Sosial dipulihkan dengan RJ.

Melalui konsep tersebut manfaat yang dihadirkan berupa pengurangan biaya, meningkatnya kinerja dan peningkatan peranan bhabinkamtibmas serta manfaat lainnya.

Inovasi Kejati Sulselbar seperti teras kejati digunakan pula untuk menerima Aspirasi dari seluruh lapisan masyarakat.

Konsep yang sama digunakan pula Kapolda Sulbar dengan istilah Mioro Siola dan Gerakan Shalat Subuh berjamaah sebagai wadah komunikasi dengan masyarakat.

“Kajati sulselbar sangat mengapresiasi Kapolda Sulbar dan seluruh jajarannya dalam mempermudah komunikasi sehingga permasalahan yang ada dapat diatasi dengan baik,” pungkas Kabid Humas.

Editor : Salim Majid
Sumber :Humas Polda Sulbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.