Dalam Rangka Kegiatan Penyuluhan Sumber Alternatif DKP Lutra Gelar Sosialisasi

Luwu Utara, daulatrakyat.id – Dalam rangka kegiatan penyuluhan sumber pangan alternatif, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Luwu Utara menggelar sosialisasi penyuluhan pangan B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman) bertempat di Aula Hotel Remaja Indah Masamba, Rabu (03/7).

Wabup Muh. Thahar Rum dalam sambutannya mengatakan, target pencapaian konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman yang diindikasikan dengan skor Pola Pangan Harapan membutuhkan sumber karbohidrat lainnya dari jenis umbi-umbian.

“Sejalan dengan penurunan konsumsi beras, harus diimbangi dengan peningkatan konsumsi umbi seperti ubi kayu, ubi jalar, kentang, dan umbi lainnya”, kata Wabup Luwu Utara, Thahar Rum saat membuka kegiatan tersebut.

Menurutnya, sudah saatnya sumber pangan tersebut dikembangkan ketersediaannya (produksi) maupun teknologi pengolahan dan penyajiannya, sehingga mendorong masyarakat untuk mengonsumsinya sebagai pangan pokok selain beras.

“Dengan disertai upaya yang serius dalam memasyarakatkannya, diharapkan pengembangan pangan lokal ini dapat mengurangi ketergantungan terhadap beras sebagai sumber pangan pokok,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Luwu Utara, Alauddin Sukri mengungkapkan, sosialisasi tersebut guna meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pangan B2SA dengan berbahan baku pangan lokal.

“Selain untuk meningkatkan pemahaman masyarakat, kegiatan ini sekaligus persiapan pelaksanaan lomba Cipta Menu pangan lokal B2SA tingkat kabupaten dan provinsi,” ungkapnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Luwu Utara Jumal Jayair Lussa, dan diikuti sebanyak 90 orang peserta yang terdiri dari TP PKK Kabupaten, TP PKK Kecamatan, Dharma Wanita Persatuan DKP, serta dari anggota KWT/Pengelola Kuliner.(jal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.