PN Tipikor Gelar Sidang Perdana Dugaan Korupsi Lampu Jalan di Polman

Mamuju.daulatrakyat.id-Sidang perdana kasus dugaan korupsi pengadaan lampu jalan tenaga surya tahun 2016-2017 di Kabupaten Polman mulai digelar di PN Tipikor Mamuju, Rabu, 19 Juni 2019.

Kedua terdakwa hadir untuk mendengarkan dakwaan jaksa yang dibacakan oleh Yanuar Fihawono.SH

Dibalut kemeja putih dengan celana warna hitam dan kopia hitam terdakwa Andi Baharuddi terlihat duduk diam dikursi pesakitan.

Dalam dakwaan, Jaksa menyebutkan terdakwa Andi Baharuddin saat itu selaku Kepala bidang Pemdes melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi yang dapat merugikan keuangan negara sekitar 4,1 M.

Terdakwa lain, Direktur CV Binanga Haeruddin menurut Jaksa tidak ada kewenangan melakukan pengadaan listrik dengan alasan tidak memiliki kompetensi sesuai dengan peraturan menteri ESDM RI nomor 35.

Jaksapun menilai terdakwa Haeruddin selaku distributor terkesan menaikkan harga lampu perunit seharga 23 juta dari harga 20 juta. Sehingga ditemukan kerugian negara 8 Miliar.

Sementara itu, kuasa hukum terdakwa Jamaluddin Djafar, SH mengaku mendengar dakwaan Jaksa.

Menurutnya secara subtansi dakwaannya sudah memenuhi syarat formal. Namun kuasa hukum terdakwa ini akan mengajukan tanggapan setelah masuk pokok perkara.

” Dakwaannya sudah memenuhi syarat formil makanya kami tidak mengajukan eksepsi,” ujar Jamal.

Sedangkan kuasa hukum terdakwa Haeruddin, Muh. Amin Sangga,SH mengatakan dakwaan JPU kurang cermat, sifatnya sangat singkat dan ada hal – hal yang janggal.

” Karena ada hal -hal yang janggal pada pembacaan dakwaan JPU. Nantinya kami akan sampaikan pada pokok perkara pada persidangan berikutnya,” kata Amin Sangga.

Sidang yang dipimpin Ketua majelis Hakim Andi Adha,SH dan dua anggota Irawan Ismail,SH.MH dan Yudikasi,SH. MH akan dilanjutkan kembali pada pekan depan dengan agenda pemeriksaan saksi.

Sidang Perdana Kasus Dugaan Korupsi Lampu Jalan di Polman Mulai Digelar di PN Tipikor

Editor : Salim Majid
Penulis : Adji

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.