Dinas Pendidikan Sulsel Membuka Jalur Khusus Penghafal Alquran untuk SMA/SMK

Makassar, daulatrakyat.Id-Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan membuka penerimaan mahasiswa baru dengan jalur khusus penghafal Alquran untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di 24 kabupaten dan kota di Sulsel.

Bagi calon siswa yang ingin masuk SMA dan SMK melalui jalur ini, syaratnya harus menghafal ayat Alquran minimal 10 juz.

Tapi semakin banyak yang dihafal semakin baik. Kita prioritaskan pelajar yang memiliki hafalan yang lebih banyak,” ujar Kadis Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo, kemarin.

Jalur khusus penghafal Alquran ini diadakan, sebagai bentuk apresiasi terhadap calon siswa yang menghafal Alquran. Calon siswa yang ingin mendaftar lewat jalur ini,  bebas memilih sekolah yang di inginkan. 
Wakil Ketua PPDB 2019, Asqar pendaftaran jalur khusus penghafal ini juga bisa dilakukan melalui alamat website ppdbsulsel.epanrita.net. Jalur penghafal 10 juz ini tergabung dalam kuota 5 persen, kuota prestasi.

“Jadi kuota prestasi ini sebenarnya didalamnya terdapat tiga item pilihan mendaftar, diantaranya jalur kompetitif (atlet kejuaraan), non kompetitif (misal mewakili daerah dalam lomba Matematika dll), dan penghafal 10 juz. Jadi 5 persen untuk kuota prestasi itu ada tiga unsur didalamnya, kompetitif, non kompetitif, dan penghafal,” tambahnya.

*Anni.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.