Bidik CSR,Dinas Lingkungan Hidup Makassar Optimalkan RTH

MAKASSAR.DAULATRAKYAT.ID. Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar terus berbenah khususnya dalam menghijaukan dan memperindah taman-taman yang ada dibeberapa titik-titik kota Makassar.

“Target 30 persen Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang masih dibawah 10 persen yang baru bisa terealisasi,”ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Makassar Rusmayani Majid.

Kendati demikian pihaknya juga terus berbenah disemua program yang diharuskan oleh walikota terdahulu yakni Mohammad Ramdhan Pomanto dalam menata dan memperindah Makassar sebagai ibukota Sulawesi Selatan.

Apalagi dengan adanya pergantian sejumlah bidang lingkup Dinas Lingkungan Hidup kata Rusmayani akan semakin meningkatkan kinerja program-programnya dalam mewujudkan Makassar dua kali tambah baik .

“Insyah Allah dengan perangkat baru semua program yang belum terealisasi kemarin bisa segera mungkin terselesaikan secepatnya,”ucapnya.

Sementara itu Kepala Bidang RTH M Darwis Syair mengatakan pengoptimalam RTH tidak lepas dari target untuk menghijaukan Makassar sesuai target yakni 30 persen.

“Saat ini RTH kita sangat minim yakni sekitar 7 persen padahal khan seharusnya
30 persen inilah yang menjadi fokus saya bersama bu kadis sebagai langkah awal saya selanjutnya merencanakan penambahan pohon dan menatanya dengan memperhatikan estetika pohon tersebut,”ungkap Darwis.

Menata taman dalam kota dengan melihat keindahan dan fungsinya apakah pohon-pohon tersebut masih layak sebagai paru-paru kota atau tidak.

“Kendala kita yakni masih minimnya anggaran untuk itu kita berupaya menjalin kerjasama dengan pihak ketiga yang masuk dalam program Corporate Sosial Responsibility (CSR) kerjasama dengan instansi lain baik itu swasta instansi lain maupun BUMN misalnya Dinas Tata Ruang dan Dinas Perizinan dimana dua instansi pemerintahan tersebut harus kita libatkan dalam menata kota ini dibidang penghijauan,”ujarnya.

Mengapa RTH masih dibawah 10 persen diakui Darwis karena banyaknya pemnangkasan seperti di area Pettarani ,area-area lainnya dan banyaknya penebangan liar yang dilakukan oleh masyarakat yang masih kurang kesadaran tentang pentingnya paru-paru kota alias RTH.

“Rencananya kita akan membidik PT Pegadaian sebagai salah salah BUMN untuk CSR dimana PT Pegadaian memang memiliki program terkait penghijauan yang insyah Allah bisa menaikkan sekitar 9 sampai dengan 10 persen Ruang Terbuka Hijau (RTH),”jelasnya.

Tampak beberapa pot yang menghiasi taman-taman kota dan beberapa sisi jalan menambah kesegaran mata saat melintasi jalan protokol Makassar.Pengadaan pot-pot tersebut untuk menambah keindahan seputar jalan protokol.


Report by Nina Annisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.