Peringati Hari Lahir Pancasila dan Hut Kodam XIV Hasanuddin Pangdam Ajak Do’akan Para Pahlawan

MAKASSAR.DAULATRAKYAT.ID.Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Surawahadi, S.Ip, M.Si bertindak sebagai inspektur upacara pada peringatan hari kelahiran Pancasila tahun 2019, berlangsung di lapangan depan Makodam Jl. Urip Sumohardjo KM-7 Makassar, Sabtu (1/06/2019).

Upacara yang digelar mulai pukul 08.00 Wita itu, turut dihadiri oleh Kasdam Brigjen TNI Budi Sulistijono, Irdam, para Asisten Kasdam, Staf Ahli Pangdam dan Komandan serta Kabalak Kodam XIV/Hasanuddin.

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia dalam sambutannya yang dibacakan oleh Pangdam menyampaikan, bahwa Pancasila mampu menyatukan kita sebagai satu bangsa dan hidup dalam NKRI. Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan YME buat bangsa Indonesia.

“Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan, berkat Pancasila yang berlandaskan dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong keberagaman yang ada menjadi suatu berkah,” katanya.

Peringatan hari kelahiran Pancasila tak bisa dipisahkan dari perumusan Piagam Jakarta oleh panitia kecil tanggal 22 Juni dan pengesahan Pancasila dalam Pembukaan UUD 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 18 Agustus 1945.

“Jadi tiga peristiwa penting tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi politik harapan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara”, lanjutnya.

Lebih lanjut disampaikan Irup, semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar Negara, Ideologi Negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia.

“Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarkat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, Kita Pancasila”, jelasnya.

Selain itu, Pangdam juga menambahkan, bahwa upacara peringatan hari kelahiran Pancasila ini meneguhkan komitmen bangsa agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

”Kita harus terus menerus bersatu memperkokoh semangat Bhineka Tunggal Ika, kita harus bersatu dalam upaya untuk menjadi bangsa yang kuat, bangsa yang besar dan anak bangsa yang selalu menjaga persatuan dan kesatuan,” tandasnya.

Diakhir upacara, Pangdam Hasanuddin mengajak seluruh peserta upacara untuk sejenak menundukkan kepala untuk berdoa, memohon kepada Allah SWT agar arwah para pahlawan kusuma bangsa diberi tempat yang layak disisi-Nya.

Perlu diketahui bahwa tanggal 1 Juni merupakan hari yang amat sakral bagi keluarga besar Kodam XIV Hasanuddin, karena tanggal tersebut selain sebagai hari lahirnya Pancasila, juga ditetapkan sebagai tanggal lahirnya Kodam Hasanuddin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.