BPJS Kesehatan Makassar Jamin Mudik Lebaran 2019 Peserta JKN-KIS Aman

MAKASSAR.DAULATRAKYAT.ID.Peserta Jaminan Kesehatan Nasional -Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) tak perlu khawatir jelang masa libur lebaran tahun 2019.

Mulai H-7 sampai H+7 lebaran 2019 atau tepatnya mulai tanggal 29 Mei sampai dengan 13 Juni 2019.Peserta JKN-KIS tetap bisa memperoleh jaminan pelayanan kesehatan memberikan kemudahan portabilitas bagi peserta JKN-KIS.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Makassar Greisthy E.L.Borothoding dalam konferensi Pers Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan mengatakan peserta yang mudik lalu membutuhkan pelayanan kesehatan dikuar kota dapat mengunjungi fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) walauoun peserta tidak terdaftar di FKTP tersebut.

“Layanan ksehatan melalui FKTP tersebut bisa didapatkan jika bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.Untuk daftar FKTP tersebut,dapat dilihat di aplikasi mudik kami atau dengan menghubungi call center BPJS Kesehatan Care Center dengan nomor 1500 400,”sebutnya.

Ia menerengkan jika terdapat FKTP yang dapat memberikan pelayanan saat libur lebaran diwilayah tersebut atau peserta membutuhkan pelayanan diluar jam buka layanan FKTP maka peserta dapat dilayani di IGD di RS terdekat untuk mendapatkan layanan medis dasar.

Khusus KC Makassar dengan dukungan Dinas Kesehatan maka pelayanan medik dasar dapat diberikan FKTP dan untuk layanan medis layanan diberikan dengan FKRTL sebagaimana dengan ketentuan yang telah diatur sebelumnya.

“Peserta JKN-KIS yang kondisinya gawat akan diberikan fasilitas dari awal hingga lanjutan asal mengikuti prosedur yang berlaku dan masih aktif Tindakan berdasarkan indikasi medis maka akan dijamin dan dilayani.Fasilitas kesehatan tersebut gratis,”ujarnya.

Ia mengimbau peserta agar rajin membayar iuran dan membawa kartu JKN-KIS saat mudik.

Adapun pengecekan dapat dilakukan melalui Aplikasi Mobile JKN-KIS.Adapula aplikasi mobile mudik BPJS Kesehatan yang bisa diunduh yang menginformasikan data peserta dan lokasi RS terdekat.

“Kami juga menyediakan layanan khusus di KC Kabupaten/Kota lokasi mudik dipulau Jawa maupun luar pulau Jawa.Layanan khusus sejak tanggal 3,4 dan 7 Juni 2019 untuk bayi baru lahir,reaktivasi kartu anak PPU berusia diatas 21 tahun, Pekerja atau penerima upah dan penanganan pengaduan yang membutuhkan solusi segera,”jelasnya.

Adapun applikasi lainnya yakni aplikasi saluran informasi dan penanganan pengaduan,pendaftaran bayi dan pekerja bukan penerima upah (PBPU) dan perhitungan denda layanan.Sehingga peserta tak harus datang ke KC BPJS Kesehatan.

“Selain di Kantor Cabang,selama masa libur lebaran kami juga membuka layanan khusus di rumah sakit melalui petugas Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) rumah sakit yang meliputi pendaftaran bayi baru lahir bagi peserta segmen mandiri perhitungan denda layanan dan penanganan pengaduan di rumah sakit baik yang terkait dengan pelayanan RS maupun pengaduan yabg perlu diekskalasi ke BPJS Kesehatan karena membutuhkan solusi segera,”pungkasnya Senin (27/5/2019) di kantor BPJS Makassar.



Report by Nina Annisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.