Minat Partai Ikuti Pelatihan Saksi Rendah

MAKASSAR.DAULATRAKYAT.ID.Hingga hari ini pelaksanaan pelatihan saksi di setiap kecamatan yang dilakukan Bawaslu Kabupaten dan Panwas Kecamatan di Sulsel masih berlangsung, namun sayang minat Partai untuk mengikutkan saksi mereka di TPS dalam kegiatan pelatihan yang dilaksanakan oleh Jajaran Bawaslu Kabupaten sangat rendah.

Ketua Bawaslu Makassar mengatakan Sebagai contoh, pelatihan Saksi partai di TPS yang digelar di Kecamatan Baraka dan Curio Enrekang kemarin (6 April 2019) dalam laporan Bawaslu Enrekang akan diikuti oleh 5 Partai yang mendaftar dari 16 Partai yang berkontestasi dalam Pemilu 2019. Dari 5 Partai yang mendaftarkan saksinya, untuk kecamatan Baraka sejumlah 340 orang dan Kecamatan Curio 196 orang.

“Tetapi sampai kegiatan selesai, pelatihan saksi di Kecamatan Baraka hanya diikuti 36 orang dan Kecamatan Curio hanya diikuti 30 Peserta,”ujarnya

Padahal kata dia kegiatan pelatihan ini sangat penting, karena beberapa prosedur dan ketentuan yang mesti difahami oleh para saksi dalam pelaksanaan Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS disampaikan untuk membangun pemahaman yang sama sesuai norma dan regulasi yang ada.

“Pemahaman Saksi Partai di TPS terkait mekanisme dan prosedur Tungsura (Pemungutan dan Penghitungan Surat Suara) perlu sinkron dengan dengan aturan dan regulasi di Pemilu 2019, misalnya dalam menentukan surat suara yang sah dan yang tidak sah atau batal,”ujar Saeful.

Dijelaskan tentang prosedur mensinkronkan data surat suara yang ada, yang digunakan terkait dengan pendampingan pemilih, siapa yang boleh didampingi, siapa yang tidak, siapa yang bisa mendampingi, siapa yang tidak dan banyak hal lain lagi yang mesti difahami oleh saksi partai di TPS nanti.

“Oleh karena itu, kami sangat menyayangkan partai tidak memanfaatkan agenda kegiatan pelatihan saksi yang dilakukan oleh Bawaslu dengan mendaftarkan saksinya untuk dilatih,”pungkas Saeful.

Editor by Nina Annisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.