Pemilihan Dara dan Daeng Ajang Promosi Potensi Seni dan Budaya

Selayar, daulatrakyat.id – Pemilihan Dara dan Daeng yang digelar Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan berlangsung di Pendopo Rumah Jabatan Bupati, Sabtu (16/3/2019).

Sesuai laporan Ketua Panitia Pelaksana bahwa Pemilihan Dara dan Daeng merupakan Ajang identitas daerah yang diselenggarakan setiap tahunnya dan bertujuan untuk menggali serta mempromosikan segala potensi seni dan budaya selayar melalui minat dan bakat.

Malam Pemilihanan Dara dan Daeng di buka secara resmi oleh, Bupati, diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan, H. Marjani Sultan dan dihadiri pejabat daerah, Ketua TP. PKK, Ketua DWP, Ketua Persit, Ketua Bhayangkari, Ketua Adhiyaksa, Ketua Dharma Karini Kabupaten Kepulauan Selayar dan masyarakat Selayar.

Pemilihan Dara dan Daeng tahun ini diikuti sebanyak 28 peserta yang dinyatakan lolos seleksi setelah melalui beberapa tahapan yang dilaksanakan sebelumnya, dan dinyatakan berhak mengikuti pemilihan Dara dan Daeng. Para peserta ini terdiri dari para siswa siswi SMP, anggota sanggar seni, dan komunitas seni yang ada di Kabupaten Kepulauan Selayar. 

Bupati melalui Sekda H. Marjani Sultan, dalam sambutan pembukaannya mengatakan, Kegiatan Pemilihan Dara dan Daeng merupakan salah satu upaya untuk melestarikan budaya daerah agar tidak hilang ditelan zaman, di samping itu kegiatan ini memberikan nilai positif bagi generasi muda agar lebih mencintai dan melestarikan kebudayaan daerah.

“Untuk itu, atas nama pribadi dan pemerintah daerah saya sangat mengapresiasi pelaksanaan event pemilihan dara dan daeng ini, karena melalui kegiatan ini akan lahir generasi muda berbakat, kreatif, inovatif dan profesional yang diharapkan akan mampu menjadi lokomotif dalam mempromosikan pariwisata, seni dan budaya”.

Berharap kepada seluruh peserta agar melalui event ini dapat menjadi media untuk membentuk karakter generasi muda dan membentengi diri dari pengaruh negatif akibat perkembangan teknologi informasi.

Bupati berpesan siapapun yang terpilih nantinya agar senantiasa mengembangkan diri, memperluas wawasan dan terus menggali informasi terkini agar mampu mengembangkan amanah untuk berkontribusi dalam mengembangkan pariwisata dan kekayaan budaya daerah Kabupaten Kepulauan Selayar dan selanjutnya mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan budaya nasional.(nur alim)

Pemilihan Dara dan Daeng Ajang Promosi Potensi Seni dan Budaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.