Mentan Motivasi Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis Unhas

MAKASSAR.DAULATRAKYAT.ID.Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar menggelar talkshow Creativelpreneur yang bertema Everybody Can Be Innovative”di Aula Prof Amiruddin Unhas siang tadi Sabtu (16/3/2019).

Hadir Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaeman yang memberikan motivasi pada peserta Talk Show yang didominasi Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis sekaligus panitia dari acara tersebut.

ASS bercerita bagaimana dirinya sejak kecil namun sudah memiliki cita-cita yang besar dalam membangun bangsa.

“Saya berasal dari keluarga yang sederhana namun saya gigih berjuang dengan tidak membebani orang tua biaya kuliah hingga saya bisa seperti ini,”cerita Mentan.

ASS juga mengimbau bahwa jika ingin sukses sebaiknya biasakan belajar 20 jam,berusaha untuk mandiri dan tidak meminta-minta lagi pada orang tua.Gunakan kreatifitas untuk bisa menghasilkan uang sendiri.Buka usaha kecil-kecilan dan buang gengsi karena tidak ada orang yang sukses instant namun semua butuh proses.

“Tidak masalah kita terhina lima (5) tahun namun akan terhormat 40 tahun yang akan datang.Kita harus yakin,ikhlas dan istiqomah dalam mengejar impian kita,”tuturnya dalam speech motivasi yang diberikan pada peserta yang hadir

Ia menceritakan bagaimana dirinya sejak kecil banting tulang agar bisa sekolah.Dimana dia pernah diremehkan,ditolak dan dihina oleh perempuan karena usaha kecil-kecilannya namun dengan usaha dan kerja kerasanya disertai do’a,sikap yang baik dan jujur akhirnya dia bisa mencapai apa yang dia inginkan.

Acara tersebut juga menghadirkan sosialpreneur dibidang kesehatan yakni Gamal Albinsaid yang berhasil menciptakan inovasi layanan kesehatan berbasis digital yang disebut “Indonesia Medika”yang akan menjawab keluhan masyarakat.

Ia menceritakan bagaimana dirinya yang terus mengasah kemampuan selepas kuliah dengan tidak berhenti belajar dan menangkap peluang yang ada hingga dia menemukan inovasi pelayanan sistem digital atau biasa disebut dengan Indonesia Media (I Medika).

“Selain berinovasi yah kita harus fokus dan jangan pernah remehkan kebaikan sekecil apapun itu jangan lupa keberadaan kita yang bermanfaatlah yang dibutuhkan oleh mereka yang membutuhkan uluran tangan kita.Pesan saya fokus untuk terus berinovasi bawa dunia kesehatan ke dunia digital,”pesan Gamal.

Menurutnya apapun yang kita kerjakan kita harus fokus dan nikmati prosesnya.Artinya seberapa besar kita menikmati passion kita.

“Kunci sukses itu adalah sabar karena tidak ada kebaikan tanpa sabar.
Inovasi adalah olahraga dan tidak ada inovasi tanpa kepemimpinan”imbuh Inovator muda lulusan ilmu kedokteran.

Salah satu pelaku usaha muda asal
Owner Piscok Makassar M Abi Rafdi Syarif mengaku prinsipnya yakni tetap konsisten dengan kasa adalah kunci kesuksesannya dalam berusaha.

“Konsisten saja dengan rasa,ikut jaman kita jangan mau tergilas oleh jaman dan open your mind artinya buka wawasan untuk lebih mengembangkan usaha yang kita jalani bersama,”kata Adi sapaan akrabnya.

Selain tiga orang motivator diatas hadir pula Tumming Abu selaku Konten Kreator sekaligus seniman yang namanya audah dikenal.

Dengan logat khas Makassarnya duo kocak yang terkenal kreatif dengan konten-kontennya yang banyak ditunggu netizen karena mampu mengudang gelak tawa dengan ciri khas Tumming dan Abu.

“Sejak ada Instagram dari situlah kami menuangkan ide kreatif kami dan Alhamdulillah banyak disukai oleh masyarakat Makassar hingga akhirnya kita berdua sering diundang sebagai MC dan bermain film,”kata Tumming.

Menurutnya setiap pekerjaan dan kreatifitas berasal dari Passion artinya kesukaan alias hobby kita dalam menekuni sesuatu hingga dapat menjadi jalan untuk mencari uang.

Report by Nina Annisa



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.