Terkait Pembuatan KIS, Dinsos : Tidak Ada Pembatasan Waktu

MAKASSAR,DAULATRAKYAT.ID – Kartu Indonesia Sehat (KIS) memberikan jaminan kesehatan untuk warga miskin dan kurang mampu, yang ditujukan untuk penyandang  masalah kesejahteraan sosial (PMKS) yang belum terdaftar sebagai peserta BPJS.  Manfaat kartu KIS ini adalah agar warga miskin mendapatkan jaminan kesehatan dari pemerintah.

KIS tersebut dicetak oleh pihak  BPJS, namun bagi warga yang ingin mendapatkan kartu itu harus memasukkan data dulu di Kantor Dinas Sosial setempat.

Hal tersebut dikemukakan Iskandar Lewa, Plt Kadis Sosial Makassar yang ditemui di kantornya, ketika sejumlah warga sedang ramai mengurus KIS di kantor yang dipimpinnya. Kata Iskandar, pihaknya hanya sebatas pendampingan data, kemudian menyerahkan ke BPJS. “Dan BPJS yang mencetak kartu itu. Kami hanya melakukan pendampingan data bagi warga yang ingin mengurus KIS,” terang Iskandar yang didampingi Kepala Bidang Pengendalian Bantuan dan Jaminan Kesehatan Sosial Dinas Sosial Makassar.

Lanjutnya, yang berhak mendapat KIS yakni masyarakat tidak mampu dengan menyertakan fotocopy KTP, KK, Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari lurah dan tercatat di BDT. “Kelengkapan ini yang harus dimasukkan warga ke petugas. Di Makassar tercatat ada 203.831 jiwa warga miskin yang berhak mendapat KIS, sesuai yang tercatat di Basis Data Terpadu (BDT),” imbuhnya.

Sementara terkait waktu pengurusan KIS, kata Iskandar, tidak ada pembatasan waktu. Pihaknya tetap menerima kedatangan warga yang ingin mengurus KIS sepanjang datanya lengkap.

Seorang warga bernama Asriani yang ditemui di Kantor Dinas Sosial saat sedang mengurus KIS, menuturkan jika pengurusan KIS di Kantor Dinas Sosial tidak ada kesulitan. “Yang penting persyaratan berkas sudah kita lengkapi, petugas langsung menerima berkas kita,” tutur warga asal Kelurahan Antang, Kecamatan Manggala tersebut.

Penulis : Jesi Heny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.