Sebanyak 27 Calon Anggota KPID Sulbar Jalani Tes Psikologi

Mamuju.daulatrakyat.id – Sebanyak 27 calon anggota KPID Sulbar periode 2018-2021 menjalani tes psikologi yang diselenggarakan di Mamuju, Selasa (11/12/2018).

Untuk tes psikologi misalnya, Tim Seleksi (Timsel) KPID Sulbar bekerja sama dengan Lembaga Pengembangan Psikologi Terapan (LPPT) Widya Prasthya.

Menurut salah satu anggota timsel Doktor Muliadi, sebelumnya, para peserta juga telah mengikuti tahapan tes tertulis dan wawancara dengan lima anggota timsel.

“Tahapan ini tentunya sangat penting karena akan menggali kemampuan atau skill leadership calon. Termasuk awarness atau sikap kerjasama tim,” kata Muliadi.

Wakil Ketua I STAIN Majene ini juga mengungkapkan, skill leadership calon dan kerjasama tim akan sangat mendukung kelancaran tugas-tugas komisioner.

“Timsel memiliki ekspektasi yang besar untuk melahirkan kandidat komisioner yang mumpuni, kompeten, dan berintegritas,” jelasnya.

Kematangan emosional ujar Muliadi turut mendukung lahirnya komisioner yang berintegritas.

“Sekaligus tes psikologi ini akan menentukan keluarnya 14 nama calon komisioner yang akan disampaikan kepada Komisi I DPRD Provinsi untuk selanjutnya dilakukan fit and propert test yang didahului dengan uji publik,” kata Muliadi.

Anggota timsel lainnya Andi Rannu menambahkan, berbagai rangkaian tes yang dijalani para calon komisioner tersebut untuk menguji kompetensi atau kemampuan para peserta seleksi sekaligus sebagai instrumen penyeleksi, mengingat jumlah pendaftar seleksi dan jumlah yang dibutuhkan untuk mengikuti tahapan uji kepatutan dan kelayakan di DPRD nantinya.

“Kita berharap, keseluruhan rangkaian tes ini, termasuk tahapan fit and propert test nantinya di Komisi I DPRD benar-benar akan melahirkan komisioner yang mampu bekerja sesuai kebutuhan lembaga ini di wilayah ini dengan berbagai dinamika dan tantangannya ke depan,” pungkasnya. (*)

Para Calon KPID Sulbar Sedang Jalani Tes Psikologi

Editor : Salim Majid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.