Di Jakarta, Sumarsono Persiapkan Pelantikan Gubernur-Wagub Terpilih

*Sambut Nurdin Abdullah di Rujab Kamis Siang

Makassar.daulatrakya. Presiden Republik Indonesia Joko akan melakukan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur hasil pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di Jakarta pada Rabu, (5/8/2018).

Terkait pelantikan ini Penjabat Gubernur yang juga merupakan Dirjen Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kemendagri Soni Sumarsono telah berada di Jakarta untuk persiapan acara pelantikan.

Staf Khusus Sumarsono, Ferry Rende mengatakan bahwa Sumarsono telah berada di Jakarta sejak dua hari lalu.

“Sejak hari Minggu, besok tanggal lima malam akan balik atau tanggal enam pagi,” kata Ferry, Selasa (4/8/2018).

Disebutkannya, sebagai Dirjen Otda, Sumarsono sedang mempersiapkan semua administasi kelengkapan surat-surat keputusan Presiden untuk para gubernur dan surat keputusan Menteri Dalam Negeri untuk para bupati dan wali kota terpilih untuk dilantik.

Adapun untuk pelantikan kali ini untuk gubernur terpilih dari Sumateria Utara, Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali, NTT, Kalbar, Sultra, Sulsel dan Papua.

Pelantikan akan dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB, namun diawali dengan prosesi gladi pada pukul 07.30 WIB.

Adapun unsur yang diundang yakni, gubernur dan wakil gubernur terpilih, istri dan tiga orang anggota keluarga, penjabat gubernur, Pangdam, Kapolda, Kejati, Ketua DPRD Provinsi, Ketua KPU Provinsi, Ketua Bawaslu Provinsi dan Sekda Provonsi masing-masing daerah yang dilantik.

Untuk sertijab dilaksanakan di ibu Kota provinsi, yang dilanjutkan dengan penyampaian visi-misi gubernur pada rapat paripurna DPRD.

“Untuk pelantikan bupati dan wali kota, selambat-lambatnya pada bulan September 2018. Tanggalnya masing-masing diserahkan pada Gubernur,” sebut Ferry.

Sumarsono juga akan meyambut Gubernur Sulsel terpilih Nurdin Abdullah di Rumah Jabatan (Gubernuran) di Jalan Sungai Tangka No. 1 Makassar, Kamis (6/8) di siang harinya.(*)

 

Editor : Nina Annisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.