PT Jasa Raharja (Persero) Sulsel Bayarkan Santunan pada Korban KM Lestari Maju Tepat Waktu

Makassar.daulatrakyat.id.Kepala CabangJasa Raharja Sulawesi Selaran Jahja Joel Lami turun langsung bertemu pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar guna memberikan bela sungkawanya pada korban kandasnya KM Lestari Maju di Perairan Selayar , Selasa 3 Juli 2018 lalu.

“Pertama kali mendengar berita ini jujur sangat kaget, karena baru beberapa hari yang lalu bencana yang sama menimpa saudara kita di daerah Danau Toba,”kata Jahja.

Lanjut Jahja mengatakan hal tersebut merupakan takdir.

“Kita tidak pernah tahu kapan datangnya. Tapi kita percaya, Tuhan selalu punya tujuan untuk setiap takdir yang diberikan pada manusia,”ungkap Jahja.

Sebagai BUMN ( Badan Usaha Milik Negara) Jasa Raharja bekerja sesuai amanat UU 33 tahun 1964 memberikan perlindungan kepada masyarakat, perlindungan diberikan dalam bentuk pemberian santunan baik santunan duka, santunan penggantian biaya perawatan dan santunan cacat tetap terhadap korba kecelakaan alat angkutan umum yang sah didarat, laut, penyeberangan udara dan kereta api.

Terkait kejadian yang menimpah para korban kandasnya KM. Lestari Maju perairan selayar, kepada seluruh korban akan diberikan santunan masing-masing.

Dijelaskan santunan tersebut berupa santunan biaya perawatan telah diberikan kepada seluruh korban yang saat ini sedang dirawat di fasilitas kesehatan yang ada baik di puskesmas maupun rumah sakit.

Santunan duka diberikan kepada 35 korban sesuai data yang diterima dari posko DVI Biddokes Polda Sulsel dan telah kami lakukan pendataan untuk kebenaran dan keabsahan ahli waris.

Ia pun menyerahkan santunan duka kepada 13 orang ahli waris yang berada diwilayah Kabupaten Kepulauan Selayar,

“Seharusnya 18 orang yang kami serahkan, namun pertimbangan asas domisili 5 korban. lainnya kami serahkan masing-masing 4 korban di Wilayah Kabupaten Bone dan 1 korban di Surabaya,”ujar Jahja.

Masing-masing Ahli Waris korban akan diberikan santunan sebesar Rp.50. 000.000,- (Lima Puluh Juta Rupiah).

Adapun sisa 17 korban lainnya sedang dilakukan pendataan Ahli Waris,dan akan di bayarkan pada hari ini atau besok setelah korban mendapatkan keabsahan dan kebenaran ahli waris.

“Kami sangat menyadari bahwa apa yang kami berikan tidak dapat menggantikan rasa duka dan kehilangan yang dirasakan oleh keluarga korban, namun sebagai bentuk kehadiran Negara pada saat masyarakat mengalami musibah semoga hal ini dapat sedikit menguranigi beban keluarga yang sedang berduka,”terangnya.

Ia juga menyatakan terima kasihnya pada pemerintah kabupaten kepulauan Selayar,Basarnas, Muspida Kab. Selayar, pihak kepolisian, Dinas Perhubungan dan semua pihak yang terkait sehingga hak santunan bagi korban kecelakaan ini dapat diterima dalam waktu singkat.

“Pada saatnya kami mohon dengan hormat bapak bupati dapat menyerahkan santunan kepada setiap ahli waris,”pungkas Jahja.

Editor : Nina Annisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.