Besok,Jasa Raharja dan Pj Gubernur Sulsel Lepas Peserta Mudik Bareng BUMN 2018

Makassar.daulatrakyat.id.Kegiatan Mudik Bareng BUMN tahun 2018 yang diprakarsai oleh Kementrian Badan Usaha Milik Negara, merupakan bentuk sinergitas beberapa BUMN sebagai wujud taglinesnya “Hadir Untuk Negeri”di musim mudik.

Kegiatan tersebut disambut gembira oleh masyarakat terbukti semakin tingginya minat mereka mendaftarkan diri sebagai peserta mudik bareng tahun ini maupun tahun-tahun sebelumnya.

Kepala Cabang Jasa Raharja Sulawesi Selatan Jahja Joel Lami mengatakan kali ini penyelenggaraan mudik bareng memasuki tahun pertama.

Disebutkan Jahja para peserta mudik antara lain pengendara sepeda motor yang mudik dialihkan dengan menggunakan sarana transportasi bus dan kapal laut, masyarakat yang akan melakukan berlebaran di kampung halaman, Nasabah dan mitra kerja perusahaan,

“Untuk pelaksanaan mudik telah dibentuk Satgas Mudik Sesuai Keputusan Menteri BUMN RI Nomor SK-83/MBU/04/2018 tentang perubahan pembentukan satgas tahun 2018 yang beranggotakan 62 BUMN,ditugaskan untuk mempersiapkan kegiatan ini dengan target peserta 200 ribu orang pemudik yang akan diberangkatkan,”ujar Jahja.

Adapun persentasi data pemudik dari tahun 2017 antara lain 28 BUMN pada tahun 2017 meningkat menjadi 62 BUMN dengan total aktifitas 121,43 persen.

“Jumlah pemudik pada tahun 2017 hanya 118,220 menjadi 206.384 orang meningkat sebesar 74,58 persen ditahun 2018 ini dibanding tahun 2017 lalu,”kata Jahja Joel Lami

Lebih lanjut ia menyebutkan untuk kota tujuan mudik total 177 kota yang tersebar di Indonesia bagian Barat sampai dengan Indonesia Bagian Timur.

Besok, Senin (11/6/2018) Jahja Joel Lami sebagai pihak penyelenggara bersama Direktur PT Jasa Raharja (Persero), Plt Gubernur Sulsel, Kapolda Sulsel, bersama sama melepas keberangkatan peserta mudik.

Pemberangkatan pukul 09.00 WITA, sebelumnya ada acara ceremonial pada jam 08.00 WITA di Phinisi Point (pipo) jalan Metro Tanjung Bunga Makassar.

Lima bus jumlah bus dari Makassar ke Palopo dan Siwa dengan jumlah peserta mudik 146 orang,Makassar – Tana Toraja Pinrang empat bus dan 128 orang,Makassar – Mamuju Polman dua bus peserta 57 orang ,Makassar – Watampone Bulukumba 1 bus denga jumlah penumpang sebanyak 27 orang, Makassar – Masamba Palopo dan empat bus dengan jumlah penumpang sebanyak 135 orang.

Selanjutnya pada hari Selasa tanggal 12 Juni 2018, Jasa Raharja, kembali memberangkatkan peserta mudik dengan moda Kapal Laut yakni pemberangkatan Pukul 07.00 WITA.

Sebelumnya peserta kumpul pada Jam 03.00 WITA untuk melakukan registrasi pemberangkatan dan pengambilan goodybag di Pelabuhan Soekarno Hatta
menggunakan kapal pelni Dorolonda tujuan Bau bau.

Untuk rute pelayaran pemudik dari pelabuhan Soekarno Hatta ke Bau bau, Sulawesi Tenggara dengan jumlah pemudik sebanyak 500 orang

Pihak Jasa Raharja telah menetapkan standar keselamatan bus pariwisata pembuatan tahun 2012,test urine kepada pengemudi dan crew bus,Rampcheck Bus yang digunakan sebagai kendaraan angkutan mudik dan melakukan sosialisasi keselamatan berkendara kepada para pengemudi B bus angkutan mudik.

“Alhamdulillah para peserta mudik sudah kami bekali fasilitas seperti kaos dan topi, goody bag plus roti,obat-obatan dan asuransi perjalanan si-Aman,”terang Jahja Joel Lami.(*)

 

 

Penulis : Nina Annisa

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.