Diskusi Publik : Peranan Generasi Milenial di Era Digital

Makassar.daulatrakyat.id-Diskusi publik dengan kelompok muda makassar yang akan dihelat Yayasan Kajian Pemberdayaan Masyarakat Makassar kerjasama Kantor Staf Presiden pada Kamis 19 April 2018 mendatang

Diskusi ini untuk merspon ruang publik yang sehat dengan mengusung tema “Peranan Generasi Milinial di Era Digital”.

Menurut Ditektur YKPM Makassar Muliyadi Prayitno diskusi publik ini untuk merespon perkembangan teknologi Informasi yang begitu cepat telah melahirkan sebuah revolusi komunikasi yang tidak terbayangkan sebelumnya.

Komunikasi saat ini menurutnya berjalan dengan cepat, melintasi batas wilayah geografis, menerobos lintas generasi dan suku bangsa, langsung masuk ke ruang-ruang pribadi melalaui sosial media dalam berbagai macam formatnya.

“Kecepatan teknologi informasi juga meningkatkan produksi informasi dengan sangat masif,” sebut Muliyadi dalam pesan tertulisnya kepada daulatrakyat.id Selasa, 17 April 2018.

Mulyadi menyebutkan meledaknya informasi memiliki dampak positif dan negatif. Positif kata dia karena masyarakat memiliki beragam informasi yang dapat diakses dengan cepat.

Sedangkan dampak negatifnya adalah bahwa tidak semua yang tersebar dengan cepat merupakan pengetahuan yang berguna bagi masyarakat.

“Berita palsu atau hoax yang dapat merusak kebangsaan dan persatuan bangsa juga telah memenuhi bahkan menjadi dominan di berbagai ruang publik,” kata dia.

Direktur YKPM ini menambahkan sebagai salah satu negara dengan pengguna sosial media terbesar di dunia, Indonesia menghadapi tantangan untuk mempertahankan dan mempromosikan ruang publik yang sehat, serta membersihkannya dari hoax.

Salah satu strategi menurut dia adalah dengan secara terus menerus melakukan literasi digital kepada publik, terutama generasi milenial.

Generasi milenial ujar Muliyadi merupakan kunci dalam mempromosikan ruang publik yang sehat karena generasi milenial merupakan mayoritas penggunga sosial media di Indonesia.

Dengan demikian ada 3 point tujuan diselenggarakannya diskusi publik ini.Pertama mendiseminasikan pentingnya mempromosikan ruang publk yang sehat kepada generasi milenial.

Kedua memetakan tantangan yang dihadapi dalam melawan berita palsu dan hoax. Yang terakhir memperkenalkan strategi menanggulangi hoax

Tampil sebagai pembicara Adrianto Gani, Tenaga Ahli Madya, Kedeputian IV Kantor Staf Presiden, Akhmad Sudirman Kambie (Manager Produksi Tribun Timur), serta Yuka Dian Narendra(peneliti dibidang Humaniora).Dengan moderator Pahir Halim (Komisioner KIP Prov Sulsel).

 

Penulis : Salim Majid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.