Ayo Mudik Bareng Gratis Bersama PT Jasa Raharja Sulsel (BUMN)

Makassar.daulatrakyat.id.Kementrian BUMN dalam hal ini PT Jasa Raharja wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) ditunjuk sebagai kepala satuan tugas program ” Mudik Gratis BUMN ” 2018.

Kegiatan tersebut diprakarasai oleh kementrian BUMN sebagai salah satu bentuk sinergitas beberapa BUMN dalam mewujudkan komitmen BUMN hadir untuk negeri,pada saat masyarakat melaksanakan kegiatan rutin setiap tahun dimasa lebaran.

Kepala Cabang PT Jasa Raharja Wilayah Sulsel Jahja Joel Lami mengatakan ini merupakan kali pertama Sulsel ditunjuk sebagai ketua panitia dalam agenda mudik bareng tersebut.

“Ini merupakan perhelatan akbar BUMN karena akan diselenggarakan serentak dibeberapa wilayah yang ada di Indonesia,”ujarnya

Dijelaskan mudik bareng tersebut kata dia menggunakan moda transportasi darat,udara,kereta api dan pertama kalinya mengikut sertakan laut yang bekerjasama dengan PT Pelni dengan target peserta sebanyak 200 ribu orang.

“Agenda tahunan 62 BUMN yang meningkat sebesar 121,48 persen dari tahun 2017 yang hanya 28 BUMN dengan jumlah peserta mudik bareng pertanggal 12 April 2018 sebanyak 203.983 peserta dan kedepannya jumlah peserta akan terus meningkat seiring masih berlangsungnya masa pendaftaran,”jelas Jahja Senin (15/4/2018) di Cafe Papa Ong Jalan Rusa Makassar.

Adapun kota tujuan mudik ini juga mengalami peningkatan dimana sebelumnya hanya 84 kota dan pada tahun ini sebanyak 108 kota atau meningkat sebesar 28,57 persen.

Untuk jadwal pendaftaran peserta bervariasi sesuai waktu yang ditentukan oleh masing-masing BUMN.

“Khusus untuk laut jadwalnya akan berubah tergantung dari PT PELNI.Pelepasan secara serentak pada tanggal 9 Juni 2018 yang dipusatkan di Pantai Carnaval Taman Impian Jaya Ancol Jakarta,”terangnya.

Sebagai ketua pelaksana satgas ia berharap refleksi JR sebagai BUMN dapat selalu dirasakan kehadirannya oleh masyarakat khususnya pada saat moment hari raya lebaran 2018.

“Dimana pada saat itu sebagian besar masyarakat sedang melakukan perjalanan mudik dengan memberikan perjalanan yg aman dan nyaman kepada masyarakat ,kita juga berharap tingkat laka lantas terus menurun,”pungkasnya.

Ketua Panitia Mudik Bareng Gratis BUMN 2018 sekaligus Kepala Bagian Operasional Jasa Raharja (JR) Sulsel Hendri menambahkan pihaknya juga kerjasama dengan operator atau pemilik bus untuk rute tujuan Mamuju,Palopo,Toraja,Masamba,Malili,dan Watampone.

“Sebanyak 20 armada Bus dengan jumlah penumpang 560 kursi.Makassar -Palopo menggunakan jalur Siwa,Makassar -Tana Toraja dengan jalur Pinrang Makassar -Mamuju lewat jakur Polman, Makassar-Watampone melalui jalur Bulukumba dan Soppeng,”tambahnya.

Untuk rute pelayaran pastinya lewat pelabuhan Soekarno Hatta dan Kota Bau Bau Sulawesi Tenggara dengan moda kapal laut yang berkapasitas 500 orang.

Pendaftaran mulai hari ini di kantor cabang Jasa Rahardja Sulsel Jalan Dr.Sam Ratulangi No 77,Makassar,Labuang Baji,kecamatan Mamajang.Syaratnya mudah peserta mudik wajib membawa berkas berupa KTP,SIM ,KK,dan 1 lembar foto copy STNK.

Pelepasan dan pemberangkatan peserta mudik darat untuk wilayah Sulsel pada tanggal 11 Juni dan mudik laut pada tanggal 12 Juni.Untuk mudik laut jadwalnya sewaktu-waktu dapat berubah.

“Kita menyediakn bingkisan bagi pemudik berupa kaos,topi snack dan obat-obatan. Saat dilepas pemudik harus menggunakan kaos dan topi (seragam) bingkisan kita,”tambah Hendri.

Pihak JR juga meminta pendaftar yang berangkat harus membawa kelengkapan berkas untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Penulis : Nina Annisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.