Makassar Rock Steady Band Siap Bersaing

Makassar.daulatrakyat
Id.Satu lagi band indie Makassar bergenre Ska yakni Makassar Rock Steady sebelumnya Banana Ska.Resmi berganti nama setelah merilis album pertama yang bertitel “Shake Your Body” digarap mulai tahun 2016 hingga 2017 yang berisikan 12 lagu,dibawah label Fivefoot Record.

Mengambil nama Makassar OF Steady Band karena ingin membawa nama Makassar dikancah nasional maupun internasional.Selain untuk menunjukan kecintaan mereka pada Makassar.

Promotor sekaligus Manager Makassar Rock Steady Band Tito mengatakan pada tanggal 15 April 2018 akan ada launching album yang dirangkaikan dengan perayaan 6 tahun Makassar Rocksteady, di Pijakan Cafe, Jl. Pelta Raya, Makassar.

Dikatakan Tito Makassar Rocksteady terbentuk pada 24 April 2012 dari sebuah dipelopori oleh Wahyu, Jerry, Tito, dan beberapa teman lainnya yang kemudian digarap serius dengan nama Banana Ska hingga pada tahun 2013 berganti nama menjadi Makassar Rock Steady.

Diceritakan Tito sepanjang perjalanan Makassar Rocksteady telah berulang kali melakukan pergantian personil hingga ketika album pertama ini dirilis band tersebut sudah beranggotakan 10 orang Randy (Vokal), Ubaid (Bass), Rusmin (Lead Guitar), Yayat (Rhythm Guitar), Fian (Keyboard), Wahyu (Drum), Wawan (Trumpet 1), Didit (Trumpet 2), Fathan (Tenor Saxophone) dan Farel (Alto Saxophone).

Proses pengerjaan album pertama terbilang singkat.Mulai dari proses rekaman/ tracking, mixing, dan mastering yang terhitung sejak bulan Desember 2015 dengan bantuan engineer, (Alm) Bebhen.

“Album pertama ini menurut kami sangat memberikan warna musik yang berbeda disetiap lagunya, mulai dari unsur Jazz, Bossanova, Swing hingga Chacha yang dipadukan dengan musik Ska dan Reggea,”ucapnya.

Ditambahkan Wahyu sang gitaris sekaligus pencipta lagu Makassar Rock Steady Album Shake Your Body ini sebagian besar bercerita tentang kehidupan dan kisah cinta para personil maupun pengalaman orang lain.

“Kalimat ‘Shake Your Body’ diambil dari salah satu judul lagu dari album ini dan juga menjadi pesan disetiap performance kami untuk mengajak seluruh penonton ikut berdansa bersama alunan music yang kami sajikan,”ujarnya.

Ditambahkan Wahyu Secara musikalitas dan influence, dalam album ini kami banyak mengambil pengaruh dari: The Skatalites, The Slackers, dan The Specials, Alton Ellis, Bob Marley, Mr. Symarip dan Hepcat.

Walau album ini masih memiliki banyak kekurangan,namun mereka berharap semoga album ini dapat memberikan warna tersendiri bagi para penikmat musik diseluruh dunia, terkhusus untuk kota Makassar.

“Kedepannya akan ada lagu dengan yang berbahasa bugis atau Makassar dimana album pertama ini 70 persen bahasa Inggris tujuan kita agar bisa dinikmati di luar negeri mewakili band lokal,”kata Tito dan Wahyu.

Kendati hanya dibawah label lokal namun mereka optimis mampu menghadapi ketatya persaingan di industri musik Indonesia.

“Segment kita khan underground,otomatis banyak diminati penikmat musik luar seperti Korea,Rusia,Cina, dan Eropa,”jelas Tito.

Tak mau ketinggalan Wahyu membeberkan Makassar Rock Steady sudah dinikmati di Mexico dan di Makassar sendiri album mereka sudah masuk ketokoh-tokoh kaset.

Penulis : Nina Annisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.