Pemda Lutra Gelar Diklat Prajabatan ASN

Daulatrakyat.id, Luwu Utara.Pemerintah daerah Kabupaten Luwu Utara (Lutra) melaksanakan pendidikan latihan (diklat) Prajabatan Golongan II kerjasama dengan
Kabid Pengembangan Potensi dan Inovasi
(BPSDM) Provinsi Sulawesi Selatan di aula
Hotel Remaja Indah Masamba Lutra (12/3/2018).

Sebanyak 76 orang Bidan Desa dan 4 orang Penyuluh Pertanian mengikuti diklat tersebut.Hadir bupati Lutra Indah Putri Indriani, Kepala BPSDM Sulsel,Kepala Pengadilan Lutra,kepala BKPSDM Lutra dan sejumlah pimpinan SKPD lingkup Pemda Luwu Utara.

Kepala BKPSDM Luwu Utara Nursalim mengatakan tujuan diklat prajabatan tersebut untuk membentuk karakter Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Saya kira ini sangat penting dalam melaksanakan tugas dan peran ASN secara fungsional sebagai pelayan masyarakat,”ujarnya.

Diklat prajabatan golongan II ini dimulai dari tanggal 12-19 Maret 2018

Sementara itu BPSDM Sulsel Nasrum Hamzah menjelaskan, fungsi ASN adalah bagaimana meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Kedudukan ASN dimasyarakat terikat kepada peraturan negara, tugas utama ASN yaitu setia kepada ideologi pancasila, taat kepada peraturan UUD 1945, mengawal NKRI dan memahami Bhineka Tunggal Ika,” Jelasnya

Sementara itu Bupati Lutra Indah Putri Indriani dalam sambutannya mengatakan diklat prajabatan tersebut merupakan tuntutan awal pengembangan sumber daya aparatur sekaligus menjadi instrumen untuk mengevaluasi dan menilai tingkat kelayakan CPNS.

Menurutnya, ada dua pendekatan dalam diklat prajabatan yaitu pendekatan formal keberadaan PNS yakni bagaimana melaksanakan tugas dengan baik, dan pendekatan sosial bagimana memberikan manfaat atau layanan kepada masyarakat.

“Keberadaan cpns ini dimaksudkan untuk mengisi kekosongan bidan di daerah terpencil tetapi jika sudah lima tahun sejak keluarnya SK  maka 100 persen berhak pindah ke daerah semula sejak pertama kali dilantik,” Ujarnya.

Ia juga berharap dengan adanya diklat tersebut akan memberikan efek positif yakni layanan penuh kepada masyarakat karena ujung tombak pelayanan ada di masyarakat.

“jangan pikirkan PNS nya karena bukan berapa lama kita mengabdi Tetapi berapa besar kita memberi manfaat kepada penerima layanan,”terangnya.

Editor : Nina Annisa

Bupati Lutra Indah Putri Indriani saat melantik diklat ASN Golongan II Prajabatan Senin (12/3/2018).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.