Soal Angka Pengangguran,Ketua Askonas Sulbar Angkat Bicara

Daulatrakyat.id,Mamuju-Berbincang disalah satu warkop.Ketua umum DPD Asosiasi Kontraktor Nasional (Askonas) Sulbar Ilham Zainuddin mengapresiasi langkah dan upaya Wagub Sulbar Enny Anggraeny menekan tingkat pengangguran yang ada di sulbar.

Menurut Ilham,perekonomian di provinsi ke 33 di Indonesia sangat tergantung pada APBD dan APBN. Mengingat ketersediaan lapangan kerja belum memadai.

Sebab itu, Ilham meminta kepada Gubernur Sulbar dan para Bupati se Sulbar sebagai langkah dini, untuk segerah mungkin mempercepat pelaksanaan pekerjaan proyek. Karena hal itu, dapat mengantisipasi pengangguran dan menstabilkan perputaran ekonomi pasar dll, seperti toko bangunan yang saat ini redup dan sangat dirasakan masyarakat.

Ketua Askonas Sulbar Ilham Zainuddin (Dok : DR)

Ketua Askonas Sulbar,menawarkan solusi bahwa percepatan pelaksnaan proyek, baik yang bersumber dari dana APBN/APBD 2018,hibah dll sesegera mungkin dilaksanakan karena hal tersebut akan mampu menyerap tenaga kerja dan menekan angka pengagguran.

Berdasarkan data LPJKP Sulbar lembaga pengembang jasa konstruksi yang teregistrasi 865 badan usaha.

Dari data tersebut, menurut dia sebagai indikator terserapnya tenaga kerja seperti karyawan/tukan/mandor/buruh yg ikut bekerja di badan usaha tersebut.

“Jika dihitung rata-rata per badan usaha 13 orang di dalamnya ada beberapa tenaga kerja seperti mandor/buruh kasar/pengawas/tenaga skil yang jumlahnya sekira 11 ribu lebih tenaga kerja yang terserap,” ujar Ilham kepada daulatrakyat.id,Rabu,(21/2/2018).

Penulis : Salim Majid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.