Puncak HPN,Jokowi Yakini Diera Kemajuan Tehnologi Pers Makin Diperlukan

Daulatrakyat.id,Padang-Presiden Joko Widodo (Jokowi). mengungkapkan ketidakyakinannya atas tergerusnya media massa dan pers oleh media sosial.

Mantan Wali Kota Solo ini percaya bahwa pers masih diperlukan di era melimpahnya informasi.

Tergerusnya media massa oleh media sosial,menurutnya hanya ungkapan belaka. Sebab, Persl sebagai pilar keempat demokrasi,dinilai akan sulit bersaing dengan media sosial dan digital.

“Saya percaya bahwa di era kemajuan teknologi dan melimpahnya informasi justru pers makin diperlukan,” ujar Jokowi saat menghadiri puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 di Danau Cimpago, Pantai Padang, Padang, Sumatera Barat, Jumat (9/2/2018).

Menurut Jokowi, pers akan makin dibutuhkan untuk menjadi pilar pesan kebenaran sekaligus sebagai penegak aspirasi dari masyarakat.

“Pers makin diperlukan sebagai pilar penegak fakta-fakta. Pers makin diperlukan untuk turut membangun narasi-narasi kebudayaan baru, membangun narasi peradaban baru,” katanya.

Pada kesempatan sama, Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Margiono, bangga dengan perayaan HPN 2018 di Padang Sumatera Barat. Apalagi tidak sedikit duta besar dari negara sahabat dan sejumlah kabinet kerja Jokowi turut hadir memeriahkan.

“Dalam sepekan ini ada sekitat 23 menteri yang hadir. Dan HPN kali inilah adalah paling banyak dihadiri menteri,” ucap Margiono.

Presiden Joko Widodo Hadiri Puncak Hari Pers Nasional di Padang, 9 Februari 2018 (foto:DR)

Margiono tak lupa berterima kasih kepada tamu undangan yang datang termasuk kepada Presiden Jokowi beserta ibu dan jajaran kabinetnya.

“Tamu-tamu hebat sudah datang hari ini, terimakasih sudah beri kebanggan kepada kami masyarakat pers,” ujar Margiono.

Margiono dalam sambutannya juga bercanda sambil melaporkan Oesman Sapta Odang Ketua DPD RI yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua MPR RI atas rencana pengunduran dirinya sebagai Wakil Ketua MPR RI.

“Pak Presiden, kemarin malam di depan para wartawan, dia (Oesman Sapta Odang) sudah deklarasi mundur dari Wakil Ketua MPR. Tapi tadi pagi lain lagi. Dia bilang ‘teman-teman enggak mau saya mundur’,” sindir Margiono.

Mendengar candaan Margiono, Oesman Sapta Odang yang duduk di kursi terdepan terpingkal-pingkal.(slm/dr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.