Dihadapan Peneliti,Bupati Lutra Ungkap 4 Point Strategi Dalam Pengembangan Tanaman Kakao

 

 BupatiLutra Kembali Didapuk Sebagai Pemateri di Kampus Unhas 8 November 2017

Daulatrakyat.id,Makassar-Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani kembali didapuk sebagai pemateri pada Seminar dan Workshop Literasi Kewirausahaan Industri Kreatif Sektor Pertanian dan Perkebunan.

Seminar yang bertemakan ‘Jadilah Petani Milenial’, yang berlangsung di Aula Prof Mattulada Fak Ilmu Budaya Unhas pada Rabu,8 November 2017.

Dihadapan Peneliti dan Akademisi Bupati Indah Putri menjelaskan ada empat kebijakan strategis pemerintah daerah terhadap komoditas tanaman kakao, yaitu (1) Kakao sebagai komoditas unggulan di dalam RPJMD 2016 – 2021; (2) Luwu Utara sebagai pusat kawasan pengembangan kakao; (3) Menggagas program ‘kakao masuk sekolah’; dan (4) Bermitra dengan perguruan tinggi NGO dan pengusaha.

“Kakao di Luwu Utara sangat potensial.Jadi tidaklah heran ketika kakao menjadi penyumbang pendapatan terbesar terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di Luwu Utara,” ungkap Indah.

Indah dalam materinya yang berjudul ‘Potensi Kakao di Luwu Utara dan Tantangan Pengembangannya’ juga tak lupa mengajak seluruh peserta untuk berkunjung ke Luwu Utara melihat keseriusan dan komitmen pemerintah dalam menjadikan Luwu Utara sebagai pusat kawasan pengembangan tanaman kakao.

“Ayo ke Luwu Utara. Di sana ada Tugu Kakao sebagai Ikon Luwu Utara, ada Kampung Kakao di Desa Batu Alang, ada Warkop Kakao di Challodo, ada pula Kampung Learning By Doing Cocoa dan Dokter Kakao Ciptaan Mars,” ajak Indah kepada peserta penuh semangat.

Kegiatan Seminar dan Workshop Literasi Kewirausahaan Industri Kreatif Sektor Pertanian dan Perkebunan Bagi Mahasiswa dan Generasi Muda ini dilaksanakan oleh Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar bekerjasama dengan PT. MARS Internasional. Sekira 700-an peserta yang didominasi para mahasiswa berbagai perguruan tinggi turut hadir di acara yang berlangsung selama sehari ini.

Penulis :Jal
Editor    : Salim Majid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.