Disnak Keswan Lutra Gandeng Tim Kedokteran Hewan Unair Surabaya

 

Daulatrakyat.id,Lutra-Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnak Keswan) Kabupaten Luwu Utara menargetkan 7.000 ekor sapi wajib bunting.

Tahun ini, target tersebut akan terealisasi dengan kegiatan inseminasi buatan (IB) atau yang lebih dikenal dengan kawin suntik pada ternak sapi.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Peternakan Disnak Kesehatan hewan, Kaswanto, mengatakan, dari target tersebut baru 65% – 70% yang terealisasi.

“Sampai saat ini dari target kita 7.000 ekor sapi wajib bunting, baru ada 65% sampai 70% yang terealisasi,” ungkap Kaswanto via ponselnya, Sabtu,21 Oktober 2017.

Meski demikian, pihaknya optimis akan merealisasikan target 7.000 ekor sapi bunting hingga Desember mendatang,dan akan melakukan penyuntikan hormon IB di 9 Kecamatan.

Karena itu,tim Kedokteran Hewan UNAIR Surabaya bersama Balai Besar Veteriner Maros akan bertandang ke Luwu Utara dalam waktu dekat ini.

“Olehnya itu kami meminta masyarakat yang memiliki sapi indukan yang mau di-IB untuk segera menghubungi petugas IB.  Petugas kami saat ini tengah intensif melakukan penyuntikan hormon IB di 9 kecamatan,” ujarnya

Manfaat dari Program ini adalah tersedianya bibit sapi (semen beku) impor atau lokal yang berkualitas dan kebetulan tahun ini gratis untuk pelaksanaan IB.

Penulis :Jal
Editpr   :Salim Majid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.