Kabupaten Lutra Optimis Raih Penghargaan Kategori Swasti Saba Wistara

Daulatrakyat.id,Lutra-Tim Verifikasi Nasional Kabupaten Sehat berkunjung ke Kabupaten Luwu Utara,Sulsel.

Sebagaimana dikerahui Kabupaten Luwu Utara, kali ini masuk Nominasi Kabupaten Sehat untuk Kategori Swasti Saba Wistara.

Luwu Utara merupakan Kabupaten yang ketiga kalinya ikut dalam nominasi Kabupaten Sehat, setelah mendapat kategori Swasti Saba Padapa dan Kategori Swasti Saba Wiwerda,

Saat ini Kabupaten Luwu Utara optimis untuk mendapatkan Penghargaan Swasti Saba Wistara.

Hal ini dikemukan oleh bupati Luwu Utara pada saat menerima Rombongan tim Verifikasi Kabupaten Sehat Tingkat Nasional yang dipimpin oleh Kristin Darundiyah, di aula Kantor Bupati Luwu Utara, pada kamis,5 September 2017.

“Kali ini kebupaten luwu utara ikut Nominasi Kabupaten Sehat sudah yang ketiga kalinya, setelah mendapat predikat PAPADA dan WIWERDA tahun ini kita optimis untuk meraih Prestasi tertinggi yaitu Swasti Saba Wistara.” Ungkap Bupati Luwu Utara pada sambutannya.

Untuk mendukung pencapaian tersebut kabupaten luwu utara menyodorkan Tujuh tatanan yang akan di Verifikasi, yakni: 1) Kawasan Permukiman, Sarana dan Prasarana Umum, 2). Kawasan tertip Lalulintas dan Pelayanan Transportasi, 3). Kawasan Hutan Sehat, 4). Kawasan Industri dan perkantoran Sehat, 5). Kawasan Pariwisata Sehat 6). Ketahanan Pangan dan Gizi, 7). Kehidupan masyarakat sehat yang mandiri.

Sementara itu Kristin Darundiyah mengatakan, bahwa keikutsertaan kabupaten dan kota dalam Verifikasi kabupaten Sehat Bukanlah untuk menjadi pemenang semata, tapi sampai sejauh mana pemerintah sebagai pelayan masyarakat menjalin hububungan yang harmonis kepada kemasyarakat.

“Kami turun bukan hanya untuk menilai dan memverifikasi kabupaten Sehat, tetapi bagaimana melihat harmonisasi pemerintah dengan Masyarakat”.

Selain itu,kristina menambahkan bahwa keterlibatan pemerintah bukan hanya sekedar mempersiapkan ketika tim Verifikasi turun ke lapangan.

“Sudah tidak jaman kita kerja sendiri, Kabupaten sehat bukan hanya menjadi tanggung jawab dari dinas kesehatan, tetapi bagaimana menjadi tanggungjawab seluruh satuan kerja Perangkat Daerah”,Tegas Kristin.

Sedangkan tim Verifikasi akan berkunjung ke Kecamatan Kecamatan yang menjadi tatanan Verifikasi kabupaten Sehat untuk kategori Swasti Saba Wistara, salah satunya peninjauan Taman Sulikan dan Bandar Udara Andi Djemma Masamba.

Penulis : Jal
Editor    : Salim Majid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.