Penyidik Polda Sulbar Diminta Usut Tuntas “Dalang” Dibalik Lelang Gagal

Daulatrakyat.id,Mamuju-Penggiat Anti Korupsi Sulbar Anwar Hakim meminta kepada penyidik Polda Sulbar agar segera membongkar otak di balik gagal lelang proyek 24 M dan 6 M di dinas PU Sulbar.

Gagalnya lelang proyek atau evaluasi ulang,menurut Anwar diduga merupakan modus dan strategi tehnik korupsi.

” Ini modus dan strategi tehnik korupsi.Yang sudah terorganisir,”ujar Anwar Rabu,19 Juli 2017.

Dalam sejarah pengadaan barang dan jasa,kata Anwar baru pertama kali terjadi evaluasi ulang setelah pokja menetapkan pemenang tender.

Dia mengatakan bahwa pemicu gagal lelang pada paket proyek tersebut,karena adanya surat verifikasi yang di keluarkan tim peneliti kontrak dalam hal ini Andi Sunra.

” Saya menilai surat yang di keluarkan tim peneliti kontrak bisa di kategorikan adalah surat keterangan palsu,”kata Anwar.

Anwar menyebutkan bahwa surat tersebut sangat bertentangan dengan asas due prosess of low.
” Surat itu tidak bernomor dan tidak berlogo,” katanya.

Hasil vetifikasi yang dikeluarkan A. Sunra,menurut Anwar tidak memiliki dasar hukum. Sebab dalam surat tersebut tidak jelas siapa pejabat yang berwenang memerintahkan dia untuk melakukan verifikasi.

” Saya menilai kewenangan A Sunra selaku tim peneliti kontrak terlalu jauh mengintervensi kewenangan pokja.Bahkan menjatis tanpa ada bukti,” kata Anwar

Menurut Anwar Hakim,Surat A.Sunra yang dikeluarkan berdasarkan perpres 54 tahun 2010 pasal 83 tentang lelang gagal seharusnya di buatkan berita acara kesepakatan beserta alasanya antara PA,KPA dan PPK .Jika tidak ingin menanda tangani SPPBJ.

” Ini aneh berita acara kesepakan PA/KPA dan PPK tidak ada.Tiba-tiba menyatakan lelang gagal,” katanya

Penulis : Salim Majid
Editor   : Salim Majid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.