KKMSB Bersikap Netral di Pilgub Sulbar

Daulatrakyat.id, Makassar – Panitia pemilihan muswil Kerukunan Keluarga Mandar Sulawesi Barat (KKMSB) pada Sabtu (14/1/2017) di Kampus UNM Makassar telah memilih Rektor UNM Prof. Husain Syam sebagai Ketua Umum KKMSB Sulsel dan Direktur BPD Sulteng Ir. Rakhmat A.Haris sebagai ketua KKMSB Kota makassar. Kedua tokoh mandar ini dipilih secara aklamasi. Meski organisasi ini non partisan  tapi tanggungjawabnya cukup berat.

Dalam muswil KKMSB, Aco Rahman mengatakan, KKMSB kedepan akan melakukan langkah konkrit guna meningkatkan peran KKMSB dalam pembangunan di Sulsel dan Sulbar. “Ini PR bagi pengurus baru,” ujar Aco saat dikonfirmasi via wathsapp, Sabtu (14/1/2017).

Selain itu, menurut Aco, posisi KKMSB pada Pilgub Sulbar tetap tidak memihak. Alasannya,  organisasi ini non partisan. Idealnya, lembaga ini menurut dia lebih berorientasi untuk tetap menjaga ikatan silaturrahmi sesama warga mandar yang ada di perantauan. “Poin penting untuk dilakukan yakni endataan ulang warga mandar yang ada di Sulsel. Sebab sekarang ini baru sekitar 150 ribu warga mandar yang terdata,” jelasnya.

Hal senada dikatakan Muliadi Prayitno, Pengurus teras KKMSB, bahwa posisi KKMSB dalam Pilgub Sulbar tidak akan mendukung salah satu calon gubernur Sulbar dengan mengatasnamakan kelembagaan. “Jadi tidak ada tawar menawar. Karena sudah diatur dalam AD/ART KKMSB tidak dibolehkan,” tandas via wathsapp (14/1).

Dia menegaskan, bahwa KKMSB tetap sebagai organisasi non partisan dan menjaga netralitas pada Pikada Sulbar mendatang. Muliadi hanya berharap agar keputusan musyawarah akan ada implikasi politik berupa rekomendasi bahwa pilgub harus berkualitas , jujur dan bermartabat.

Penulis : Salim Majid

Editor   : Jesi Heny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.